Sinergi Danrem 071/Wijayakusuma dan Ka SPN Polda Jateng Buka Pendidikan dan Latihan Integrasi Kampus Kebangsaan TNI-Polri

Upacara Pembukaan pendidikan dan latihan integrasi kampus kebangsaan TNI-Polri TA.2022. ( peni)

Purwokerto, investigasi.news- Upacara Pembukaan pendidikan dan latihan integrasi kampus kebangsaan TNI-Polri TA.2022 dibuka secara langsung oleh Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., dan Ka SPN Polda Jawa Tengah Kombes Pol Sarif Rahman, S.I.K., Senin (12/12/2022) di SPN Polda Jawa Tengah, Purwokerto, Banyumas.

Kolaborasi Integrasi Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AD dengan Perdidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) Polri merupakan tindak lanjut dari penandatanganan kerjasama antara TNI AD dengan Polri dibidang Pendidikan yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Hal tersebut, dikatakan Dankodiklat TNI AD Letjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A., melalui amanat tertulisnya yang dibacakan Danrem 071/Wijayakusuma selaku Irup Upacara Pembukaan Kolaborasi Integrasi Dikmaba TNI AD dengan Diktukba Polri Tahun 2022.

Dikatakan lebih lanjut oleh Dankodiklat TNI AD, pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan sumber daya prajurit TNI AD atau Polri yang profesional.

“Output yang diharapkan dari kolaborasi Integrasi siswa Dikmaba TNI AD dengan Diktukba Polri ini adalah tumbuhnya bibit integrasi dan sinergi yang kuat dalam mewarnai institusi TNI dan Polri sebagai alat negara yang terdepan dalam menjaga pertahanan dan keamanan NKRI”, jelasnya.

Menurutnya, kegiatan yang dilaksanakan ini sangat bermanfaat dan strategis guna terwujudnya sinergitas TNI dan Polri. “Karena kedepan, tugas negara yang diemban TNI dan Polri harus selalu bersama-sama, saling berkoordinasi, berintegrasi dan bersinergi”, tegasnya.

Karena itu, lanjutnya. Untuk mempererat rasa kebersamaan akan dibentuk keluarga asuh yang terdiri dari siswa Dikmaba TNI AD dan Diktukba Polri.

Dankodiklat TNI AD berharap, melalui pembentukan keluarga asuh tersebut, dapat memberikan hasil dan dampak positif bagi soliditas dan sinergitas TNI dan Polri.

Dankodiklat TNI AD juga meminta kepada seluruh Bintara Siswa agar dapat mengikuti kegiatan dengan penuh kebanggaan, kebersamaan, dan semangat.

Sementara itu, Kalemdiklat Polri Komjen Pol Prof. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si., dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Ka SPN Polda Jateng Kombes Pol Sarif Rahman, S.I.K., mengatakan upacara ini merupakan awal dimulainya rangkaian kegiatan Diklat integrasi TNI-Polri dalam bentuk latihan kolaborasi untuk peserta didik Dikmaba TNI AD, AL, AU dan peserta didik Diktukba Polri yang dilaksanakan selama 5 hari di 12 Satdik TNI dan Polri.

“Kegiatan Diklat integrasi TNI-Polri merupakan implementasi tindak lanjut dari perjanjian kerjasama antara TNI AD,, AL, AU dengan Polri. Penyelenggaraan kegiatan terintegrasi ini pada pendidikan pembentukan/pendidikan pertama, pendidikan pembentukan Perwira dan pengembangan umum, sebagai tindak lanjut peningkatan kerjasama diwujudkan dalam kegiatan kolaborasi dan integrasi di semua tingkat pendidikan TNI-Polri, dalam hal ini dilaksanakan pendidikan dan pelatihan kebangsaan TNI-Polri”, ungkapnya.

Dikatakan, pada kegiatan ini menitikberatkan pada keterampilan berkomunikasi, memotivasi diri, kemampuan memecahkan permasalahan, kerjasama tim, dan kepemimpinan yang memiliki jiwa ksatria integrasi”, jelasnya.

Dengan harapan, lanjutnya. Terbangun dan terwujudnya rasa kebersamaan serta Esprit de corps antara peserta didik Dikmaba TNI dan Diktukba Polri yang meliputi penanaman, sikap dan rara nilai jiwa sinergitas, pengetahuan pendukung dan kegiatan kolaborasi Integrasi TNI-Polri Tahun Anggaran 2022″, terangnya.

Dikatakan, materi yang diambil dalam kegiatan ini, pengenalan doktrin Matra, pengenalan fungsi Matra, perbantuan TNI kepada Polri dan perbantuan Polri kepada TNI, operasi bersama TNI-Polri, dan kegiatan yang mendorong terwujudnya sinergitas dan soliditas melalui integrasi TNI-Polri sebagai komponen yang memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas keamanan nasional.

Upacara Pembukaan Kolaborasi Integrasi Dikmaba TNI AD dan Diktukba Polri ini diikuti 535 siswa, Dikmaba TNI AD 15 siswa dan siswa Dikmaba Polri 520 siswa. Dibuka secara serentak di 13 Satdik Polri dan Kodiklat TNI. Peni