JEPARA  

490 Wisatawan Karimunjawa Berhasil Dievakuasi dengan Menggunakan KM Kelimutu

Jepara, investigasi.news – Wisatawan yang sempat tertahan beberapa waktu lalu di Pulau Karimunjawa akibat gelombang dan cuaca buruk akhirnya berhasil dievakuasi dengan menggunakan Kapal Kelimutu.

Sebanyak 490 wisatawan lokal maupun asing yang berhasil dievakuasi telah tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dengan selamat dan dalam keadaan sehat. Mereka dievakuasi dari Karimunjawa Selasa (27/12/2022) Pukul 22.00 WIB dan tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Rabu (28/12/2022) Pukul 05.00 WIB.

Wisatawan yang berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat dan sehat.
Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta yang didampingi Kapolres Jepara AKBP Warsono, Dandim 0719/Jepara Letkol Inf. Mokhamad Husnur Rofiq, Sekretaris Daerah Jepara Edy Sujatmiko, Kabid Perhubungan Laut DISHUB Jepara Suroto, menyambut secara langsung kedatangan para wisatawan tersebut di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara sudah mempersiapkan 4 bus untuk mengangkut 69 wisatawan ke Jepara, ada juga sebagian wisatawan yang menggunakan biro tour sudah dijemput oleh pihak biro itu sendiri.

Dalam kesempatan itu, PJ Bupati Jepara Edy Supriyanta mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses evakuasi wisatawan di Karimunjawa. “Empat armada bus 2 dari Pemkab Jepara dan 2 dari Provinsi Jawa Tengah telah dipersiapkan yang nantinya akan membawa wisatawan kembali ke Jepara,” kata Edy.

Edy Supriyanta juga menyempatkan diri untuk menemui wisatawan di bus yang telah disediakan. Ia berpesan kepada wisatawan agar tidak takut berkunjung lagi ke Karimunjawa.

“Tetap berkunjung ke Karimunjawa, tetapi tidak dalam gelombang dan cuaca yang buruk,” tegasnya.

Sementara itu, Zaki Wisatawan asal Bandung mengaku senang bisa kembali dalam keadaan sehat, ia menjelaskan dirinya berada di Karimunjawa pada Kamis (22/12/2022) dan rencana pulang pada hari Minggu (25/12/2022), tetapi karena gelombang dan angin masih tinggi dirinya terpaksa harus menunda untuk balik ke Jepara.

“Allhamdulillah hari saya sudah sampai Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dengan keadaan sehat, nantinya dari Semarang saya mau balik Bandung menggunakan kereta,” kata Zaki.

diskominfo/Petrus