JEPARA  

Kepala Desa Harus Transparan Dan Berhati-hati Dalam Hal Pengelolaan Keuangan Desa

Jepara, Investigasi.news – Hal ini di sampaikan oleh Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta saat melantik dan mengambil sumpah 24 Kepala Desa (Kades) berlangsung di Pendopo RA Kartini, Minggu (18/12/2022).

Hadir dalam acara tersebut Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta, Sekretaris Daerah Edy Sujatmiko, Forkopimda serta tamu undangan yang hadir.

Dalam sambutannya Pj. Bupati mengucapkan selamat kepada Kepala Desa yang terpilih serta harus memahami perundang-undangan tentang desa.

”Saya ucapkan selamat kepada kepala Desa terpilih yang di ambil sumpah dan dilantik pada hari ini, semoga para Kades yang sudah dilantik pada hari ini dapat mengemban amanah dengan melaksanakan tugas dengan baik dan berpedoman pada perundang- undangan yang berlaku, mengingat 15 dari 24 petinggi yang dilantik hari ini adalah wajah- wajah baru maka saya minta para petinggi yang baru segera dan pahami betul undang- undang no 6 tahun 2014 tentang desa serta aturan-aturan yang terkait didalamnya.” Ungkapnya.

Lanjut dalam sambutanya Pj. Bupati menegaskan kepada kepala Desa untuk menyatukan kembali masyarakat yang beda pilihan serta memberikan pelayanan yang terbaik.

” Kepala desa harus bisa merangkul semua elemen satukan kembali masyarakat yang sempat beda kubu, mengayomi semua warga dan berikan pelayanan kepada masyarakat, saya mengingatkan untuk pegang teguh kepercayaan masyarakat dan hindari diri dari tindakan yang merugikan masyarakat.,” tandasnya.

Ia berharap kepala Desa harus transparan dan berhati-hati dalam hal pengelolaan keuangan Desa.

” Tugas tugas kepala Desa kedepan semakin berat, besarnya anggaran dana desa yang diberikan kurang lebih 254.000.000.000 untuk kabupaten Jepara, sedangkan bantuan provinsi sebesar 126.454.000.000 untuk 742 titik kegiatan baik dari tingkat RT RW dan Desa. saya berharap dikerjakan secara transparansi dan tertib pada pengelolaanya, sekali lagi berhati-hati dalam mengelola keuangan desa namun jangan takut untuk menggunakan dana desa sepanjang dipergunakan secara benar sesuai aturan disertai niat tulus untuk melayani masyarakat.” Ucapnya.

Kepala Desa yang terpilih merupakan tindak lanjut dari hasil pemilihan (Pilkades) serentak yang digelar pada hari Senin, tanggal 14 November 2022 lalu yang berlangsung di 24 desa di 11 kecamatan di Kabupaten Jepara, diikuti 63 calon kepala desa, sedangkan untuk kepala desa terpilih sebanyak 24. (Petrus)