JEPARA  

Laporan Ketua Panitia Pembukaan Rapat Koordinasi Daerah Sosialisasi Sensus Pertanian 2023 Provinsi Jawa Tengah

Surakarta – investigasi.news. Rakorda Sosilisasi Sensus Pertanian 2023 Provinsi Jawa Tengah yang melibatkan BPS Kabupaten/Kota, Dinas/OPD Provinsi Jawa Tengah, Dinas/OPD Kabupaten/Kota se Jawa Tengah, Komunitas/Kelompok Usaha Pertanian Jawa Tengah, Akademisi, dan Media sebagai salah satu upaya penyebarluasan informasi kegiatan ST2023 yang akan dilaksanakan pada Tahun 2023.
Hal ini di sampaikan oleh Ketua panitia Penyelenggara Rapat Kordinasi Daerah (Rakorda) Sensus Pertanian 2023 Tri Karjono di Hotel Sunan Surakarta (21/12/2022)

Tema Rapat Koordinasi Daerah Sosialisasi Sensus Pertanian 2023 yaitu Mencatat Pertanian Indonesia untuk Kedaulatan Pangan dan Kesejahteraan Petani.

Sensus Pertanian 2023 merupakan kegiatan besar yang terdiri dari rangkaian tahapan kegiatan dimulai dari perencanaan, persiapan, pengumpulan data, pengolahan data, hingga penyajian dan analisis data. Indikator dan variabel Sensus Pertanian yang dihasilkan tersebut akan digunakan untuk perencanaan, monitoring, dan evaluasi, serta pengukuran akuntabilitas pembangunan dan perekonomian. Oleh karena itu, sosialisasi secara masif dan sistemik sangat diperlukan, dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan kegiatan ST2023, sehingga diharapkan data yang dihasilkan lebih berkualitas.

Pelaksanaan Rakorda Sosilisasi ST2023 Provinsi Jawa Tengah dilaksanakan di Kota Surakarta pada hari Selasa-Jum’at tanggal 20-23 Desember 2022, dengan jumlah peserta sebanyak 730 orang, yang terdiri dari : 50 orang dari BPS Provinsi Jawa Tengah, 3 orang Narasumber, 1 orang Keynote Speaker, 1 Moderator, 5 orang dari Dinas/OPD terkait pertanian Provinsi Jawa Tengah, 70 orang dari Dinas/OPD terkait Pertanian Kabupaten/kota se Jawa Tengah, 105 orang dari BPS Kab/Kota, 6 orang dari komunitas/kelompok usaha pertanian, 5 orang dari media masa, 42 orang purna tugas BPS (sebagai Agent ST2023), 5 orang dari akademisi, dan 437 calon Instruktur daerah (INDA) ST2023 Jawa Tengah.

Dalam Rapat Koordinasi Daerah ini juga menghadirkan Narasumber yang akan memberikan pembekalan kepada para peserta, yaitu:
Direktur Statistik Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan BPS RI, Bapak Dr Kadarmanto, MA yang akan menyampaikan materi tentang:. Pemanfaatan Hasil ST2023 Untuk Petani Sejahtera
Akademisi dari Universitas Sebelas Maret, Profesor Dr. Ir. Samanhudi, SP, M.Si, IPM, ASEAN Eng yang akan menyampaikan materi tentang: Pemanfaatan Hasil ST2023 Untuk Petani Sejahtera
Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah, Dr. Ramdani Harun SP, M.Si yang akan menyampaikan materi tentang: Pemanfaatan Hasil ST2023 Untuk Petani Sejahtera
Serta Moderator dari Universitas Sebelas Maret Solo Dr. Ir. Endang Setia Muliawati, M.Si (moderator)

Kegiatan Rapat Koordinasi Daerah Sosialisasi ST2023 ini akan dilaksanakan selama 2 (dua) hari efektif, dari tanggal 21-22 Desember 2022 di Hotel The Sunan, Surakarta.(Petrus)