JEPARA  

Ngobrol Bareng Pj. Bupati Jepara Dengan Tema Sinergitas Pengembangan Pariwisata

Foto bersama Pj.Bupati, Kepala Dinas pariwisara Zamroni dan para peserta dari beberapa pengusaha Hotel dan Restoran. (Foto: Petrus)

Jepara, investigasi.news – Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta temui para pelaku pariwisata dalam acara Ngobrol Bareng Pj. Bupati Jepara dengan tema Sinergitas Pengembangan Pariwisata di Palm Beach Resort, Rabu, (14/12/2022).

Hadir dalam acara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Zamroni Lestiaza, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Hery Yulianto, dan perangkat daerah terkait.

“Berikan informasi wisata ke perangkat daerah terkait untuk membantu mempromosikan,” kata Edy.

Edy meminta kepada para pelaku wisata baik biro wisata, pengelola desa wisata, dan penyedia wisata lainnya untuk membuat beberapa paket wisata yang nantinya akan dipromosikan oleh dinas terkait. Dirinya juga meminta khusus kepada desa wisata untuk menggelar kesenian dan budaya dari desa setempat untuk menarik minat wisatawan.

Menurutnya apabila atraksi kesenian digelar secara konsisten dan terjadwal diharapkan mampu meningkatkan jumlah wisatawan dan ekonomi warga setempat. Ia juga meminta kepada Disparbud untuk aktif menggelar acara besar yang harapannya mampu mendongkrak kunjungan wisatawan ke Jepara.

“Semua tamu yang bersifat kunjungan kedinasan, wajib mengunjungi UMKM dan Desa Wisata,” kata Edy.

Lebih lanjut, Edy juga berharap ada promosi yang dilakukan melalui pendekatan teknologi informasi baik melalui sosial media dan aplikasi. Sejauh ini Pemerintah Kabupaten Jepara sedang mengembangkan aplikasi Jeparadise, yang nantinya akan menjadi penghubung antara wisatawan dengan pelaku wisata secara langsung.
Nantinya aplikasi tersebut juga akan terintegrasi dengan aplikasi Jepara Smart City.

“Terkait peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang pariwisata, nanti akan diberikan oleh Disparbud, DMPTSP, atau Diskopukmnakertrans ya,” pungkas Edy. (Petrus)

Sumber: Diskominfo Jepara.