JEPARA  

Seminar Pengantin Sunda Siger Bersama HARPI Melati Jepara

Jepara, Investigasi.news – Siger Sunda merupakan mahkota pengantin wanita yang pada umumnya terbuat dari campuran logam. Tidak hanya sebatas dipasangkan pada kepala pengantin wanita, Siger Sunda sendiri mengandung makna kebijaksanaan dan hormat.

Seminar Pengantin Sunda Siger dijadikan tema oleh Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia (HARPI) Melati Cabang Jepara, yang dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Jepara pada Sabtu pagi (19/11/2022) dalam kegiatan Seminar Pengantin Sunda Siger dan Lomba Pengantin Nusantara.

Tampak hadir, tamu undangan dari perwakilan Disparbud Jepara, Asisten Administrasi Umum Sekda Kabupaten Jepara, Mudrikatun, Bunda Aida dari Tiara Kusuma, Ketua Komisi C DPRD Jepara, Nur Hidayat. Sedangkan pengurus HARPI Melati cabang Jepara yaitu Ketua, Eny Rosidah, Sekretaris, Gading, pemilik Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Gading desa Sukodono dan Bendahara, Nur Hikmatun sementara Bidang Pendidikan, Bunda Pipit sebagai narasumber bersama Inez Cosmetics.

Dalam sambutannya Pimpinan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Imelda Desa Krapyak dan Wakil Ketua HARPI Melati Jepara, Hj. Marfuah sebagai Ketua Panitia Kegiatan menjelaskan bahwa,” Kegiatan ini, semoga menjadi amal ibadah buat semua yang terlibat dan memberikan kemajuan bagi masyarakat Jepara oleh HARPI Melati cabang Jepara,” jelasnya.

Sebelumnya ada paduan suara yang dipimpin oleh Christine dari Christ Salon dan Rias Pengantin, Kelurahan Demaan. Hj. Eny Rosidah Ketua HARPI Melati cabang Jepara menjelaskan kepada peserta seminar dan lomba kalau kegiatan ini adalah kesempatan emas.

“Anda adalah orang orang yang terpilih dan mohon cermati seminar dan ilmu diajarkan oleh Bunda Pipit,” jelasnya. “Akhir tahun 2022 kegiatan oleh HARPI Jepara dengan tema seminar pengantin Sunda Siger, dengan tujuan peserta seminar bisa memahami perhiasan dan rias pengantin, sesuai pakem yang ditentukan di daerah,” jelasnya.

Sedangkan Ketua Komisi C DPRD Jepara, Nur Hidayat berpesan agar kegiatan ini bisa memberikan ilmu dan berbagi untuk semua.
“Insya Allah kegiatan ini memberikan kontribusi kepada masyarakat Jepara,” ujar Nur Hidayat.

“Semoga nantinya ada kaum milenial dekade ini, yang akan mewarisi perjuangan tokoh perempuan di Jepara seperti RA Kartini, Ratu Shima dan Ratu Kalinyamat,” ucapnya.
Sedangkan, Agus Riyanto dari Disparbud Jepara, mengharapkan HARPI Melati cabang Jepara ikut menjaga warisan budaya Jepara yaitu baju adat Kabupaten Jepara.
“Semoga, HARPI Melati Jepara semakin jaya dan sukses,” ungkapnya.

Mudrikatun yang mewakili Pj Bupati Jepara, membacakan sambutan Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta bahwa, HARPI Melati Jepara terus bergerak dan berkembang aktif di bidang sosial dan kemanusiaan. “Dan, merawat budaya dan adat istiadat. Bisa di wariskan kepada generasi berikutnya,” pungkasnya.

Hadir juga Rias Pengantin Bilqis yang beralamat di Jl. Keling Jepara RT 01/RW 02 (Look Makeup Jilbab Modern dan Sunda Siger), Safira Make Up Artist, Bridal Salon, Beauty Salon, Wedding Galeri, Wedding Vendor, Wedding Make Up, Klinik Kecantikan, dan Dekorasi Pengantin, serta peserta lomba dari berbagai LKP di wilayah Kabupaten Jepara.
Acara lomba pengantin nusantara memperebutkan tropi dan hadiah, dengan para juri lomba yang profesional dan berkompeten.

Dari hasil penilaian Tim juri para perseta yang berhasil mendapatkan juara yaitu,
Juara 1 : @mayls.makeup
Juara 2 : @Deezamulya_mua
Juara 3 :@anzelina_makeup
Juara harapan 1 :@Dwell_makeup
Juara harapan 2:hidayahpengantin
Juara harapan 3: @hellosarah_makeup
Juara Umum 1: @tpkrias
Juara Umum 2 : @riana_weddinggalery. (Petrus)