Komisi IV DPRD Pesisir Selatan Kunjungi Dinsos Kab. Solok

More articles

spot_img

Solok, Investigasi.News – Tepatnya Kamis, 5/5 kemaren Dinas Sosial Kabupaten Solok di Kunjungi oleh Rombongan Komisi IV DPRD Kab. Pesisir Selatan, kunjungan tersebut tentang Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan (DTKS) dan fungsi Pilar2 Sosial.

Rombongan berjumlah 19 Org, terdiri dari Anggota DPRD, Kabag Risalah Setwan dan Kepala Bidang di Dinas Sosial Pesisir Selatan. Disambut hangat oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sosial Ir. Syoufitri , Kabid PFM dan Dayasos Mardaus, S.Ag, M.A.P, Kabid Linjamsos Nasri Asrari, SE, Kabid Resos Kenol SST dan beberapa orang Kasi beserta staf di lingkup Dinas Sosial Kabupaten Solok.

Dalam sambutannya Kadis Sosial menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungannya dalm rangka shering informasi ttg pengelolaan DTKS. Selain itu Ir. Syoufitri memaparkan tentang gebrakan yg telah dilakukannya untuk memperoleh bantuan utk orang miskin dari Kemensos, diantara nya Lumbung Sosial untuk 3 Kecamatan, Kursi Roda sebanyak 400 buah, dan sekarang sedang kita usulkan untuk Rehap Rumah Tidak Layak Huni (RUTILAHU) ke Ibuk Mentri melalaui Dirjen Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial RI.

Sementara itu Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Fakir Miskin Mardaus, S.Ag, M.A.P memaparkan Langkah-langkah inovasi yg telah dilakukan dalam rangka perbaikan DTKS, diantaranya adalah dengan mengundang Kepala Pusat Data dan Informasi (PUSDATIS) Kesos Kementrian Sosial RI utk dilakukan Sosialisasi sekaligus Bimbingan Teknis terhadap Operator Data Nagari. Tidak tanggung-tanggung dari PUSDATIN langsung dihadiri oleh Bapak Bambang yg membidangi pengolahan Data di PUSDATIN dg rombongan sebanyak 5 orang.

Kemudian lebih lanjut Mardaus memaparkan selain.mengundang dari PUSDATIN, juga dilakukan Sosialisasi ke Nagari2, tentunya dg didahului dg Surat Edaran Bupati tentang Verifikasi dan Validasi kelayakan penerima Bantuan Sosial dan pengusulan hapus dari Bansos karena dinilai sudah mampu, tentunya dg mekanisme Musyawarah Nagari yg dihadiri oleh BPN dan unsur-unsur tokoh dari masyarakat. Alhamdulillah data DTKS Kab. Solok dengan itensif turun ke lapangan dengan perlahan lahan Nagari nagari sudah banyak melakukan perbaikan datanya. (Ega)

spot_img

Latest

spot_img