Makan Bajamba Hiasi Hut Kab.Solok Ke-109

More articles

spot_img

Solok, Investigasi.News – Semarak HUT Kabupaten Solok ke 109, Dermaga Danau Singkarak dibanjiri masyarakat se antero 74 Nagari yang ada di Kabupaten Solok. Dalam Acara Pembukaan Rangkaian Acara Semarak HUT tersebut Bupati Solok H. Epyardi Asda secara resmi membuka rangkaian acara peringatan hari jadi Kabupaten Solok ke-109. Yang ditandai dengan ditabuhnya gendang secara bersama oleh Bupati Solok dengan seluruh unsur pimpinan yang ada di Kabupaten Solok. Sabtu (19/03/2022).

hadir dalam pembukaan peringatan hari jadi Kabupaten Solok Bupati Solok H. Epyardi Asda didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Solok Ny. Emiko Epyardi Asda, Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi, S.IK, Dandim 0309/Solok Letkol Arm Hendrik Setiawan, SE, serta jajaran Pejabat dan pegawai di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Solok, Camat se- Kabupaten Solok, Wali Nagari se- Kabupaten Solok, Tokoh Adat dan Bundo Kanduang se-Kabupaten Solok.

Peringatan hari jadi Kabupaten Solok ke-109 ini merupakan kegiatan yang paling istimewa disepanjang sejarah. Kenapa tidak, kegiatan yang bertajuk Festival Solok 5 Danau ini disambut antusias oleh masyarakat Kabupaten Solok.Terligat jelas animo serta rasa kecintaan masyarakat Kabupaten Solok terhadap tanah kelahirannya begitu tinggi.

Ribuan masyarakat dengan mengenakan pakaian adat dari masing-masing nagari membanjiri pasanggrahan Dermaga Singkarak dan ribuan jejeran jamba (sajian makanan tradisional) gemparkan suasana pembukaan rangkaian kegiatan. Bahkan menurut keterangan bupati Solok dalam keterangan persnya semua Jamba yang telah disediakan dan dibawa oleh masyarakat, berasal dari masing-masing kecamatan dan nagari yang ada di Kabupaten Solok dan hal ini tanpa dukungan Dana APBD Begitu juga dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada, mereka pun menyiapkan jamba untuk santapan bersama. Katanya.

Merasa terharu melihat rasa cinta masyarakat terhadap Kabupaten Solok, Bupati Epyardi semakin optimis dan bersemangat untuk menjadikan Kabupaten Solok menjadi yang terbaik di Sumatera Barat. “Ini menjadi bukti bahwa semangat kebersamaan di daerah kita masih sangat tinggi. Dengan semangat kebersamaan ini kita optimis untuk bisa membawa Kabupaten Solok menjadi lebih baik kedepannya,” ujar Bupati Solok.

Sebagai Bupati, Epyardi bangga karena mempunyai masyarakat yang memiliki rasa kebersamaan serta rasa kedaerahan yang tinggi dan dirinya berjanji akan melakukan apapun demi kemajuan Kabupaten Solok kedepan.

Selain dari arakan jamba, pembukaan peringatan hari jadi Kabupaten Solok juga dimeriahkan dengan kesenian tradisional Indang kolosal. Selama ini kesenian tradisional sudah hampir punah di daerah, dengan membangkitkan kembali kesenian tradisional merupakan sebuah bentuk kecintaan masyarakat terhadap daerahnya.

Terkait dengan kesenian tradisional yang ada, Bupati Solok akan mengupayakan untuk selalu melestarikan kesenian tradisional di Kabupaten Solok. (Red/Ega)

spot_img

Latest

spot_img