KENDAL  

Bupati Dico Lakukan Monitoring BKK di Desa Tamangede

Kendal, investigasi.news- Bupati Kendal, Dico M. Ganinduto melakukan monitoring pelaksanaan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Dusun di Desa Tamangede Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal, Kamis (17/11/2022).

Pada giat monitoring tersebut, Bupati Kendal Dico M. Ganinduto memastikan hasil pelasanaan pembangunan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan terealisasi dengan benar.

Terdapat 4 (empat) titik lokasi pembangunan pada Desa Tamangede diantaranya 3 (tiga) pembangunan Rabat Beton dan 1 (satu) pembangunan saluran Drainase. Untuk Rabat Beton RT 03 RW 04 adalah panjang 100 Meter lebar 3,5 Meter tebal 0,12 Meter, RT 04 RW 03 panjang 100 Meter Lebar 2 Meter tebal 0,12 Meter, RT 01 RW 03 Panjang 100 Meter, Lebar 3 Meter tebal 0,12 Meter, dan Drainase Panjang 120 Meter.

Dico M. Ganinduto menyampaikan pembangunan yang telah dilakukan khususnya untuk jalan agar dapat dipelihara, masyarakat setidaknya ikut merawat dan kedepan dapat memberikan pengaruh kepada perekonomian.

“Hasil pembangunan jalan Rabat Beton ini semoga bisa memberikan dampak positif terutama jalur perekonomian, kemudian adanya pembangunan drainase yang telah dilakukan sepanjang 120 Meter, dapat bermanfaat mengingat saat ini musim penghujan sehingga pembuangan air menjadi lancer,” jelas Dico M. Ganinduto.

Adapun dana BKK yang disalurkan saat ini sebesar Rp. 100 juta, Bantuan Keuangan Khusus kepada Pemerintah Desa Berbasis Dusun direncanakan dan dianggarkan sesuai dengan permohonan atau proposal dari Pemerintah Desa, dan diberikan sesuai kemampuan keuangan daerah, melalui musyawarah desa dan Kepala Desa menyampaikan proposal (usulan) kepada bupati melalui camat sesuai dengan skala prioritas.

Sementara program Bantuan Keuangan Khusus adalah Program Pemerintah Kabupaten Kendal terkait pemerataan dan percepatan pembangunan desa melalui dusun yang merupakan visi misi dari Bupati dan Wakil Bupati Kendal. Dk