Mufakat Aklamasi, Deri Asta Pimpin Pordasi Sumbar Periode 2022-2026

Bukittinggi, investigasi.news – Mufakat terjadi di Musyawarah Propinsi (Musprov) Persatuan Olahraga Berkuda seluruh Indonesia (Pordasi) Sumatera barat ke XI di Bukittinggi, Rabu (1/6/2022), dimana Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta resmi menggantikan Ramlan Nurmatias untuk memimpin Pordasi Sumbar periode 2022-2026.

Mantan Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias yang sebelumnya menjabat sebagai ketua Pordasi Sumbar periode 2018-2022 menyerahkan kepemimpinan organisasi tersebut meski dirinya masih diminta untuk menjabat.

” sedari awal Musprov selalu saya sampaikan jangan serahkan kepada saya lagi jabatan ini, biarlah yang muda yang memimpin olahraga berkuda yang sudah mentradisi diranah ini, Wali Kota Sawahlunto Deri Asta kita mintakan memimpin Pordasi selanjutnya,” kata Ramlan pada Musprov di Hotel Dymens itu.

Sebelumnya, Musprov yang digelar di Hotel Dymens berlangsung secara alot hingga proses pencalonan dimulai, tidak satupun pengurus yang menyatakan niat secara terbuka untuk menjadi calon ketua.

Pada Musprov yang juga dihadiri Bupati Agam Andri Warman dan Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur itu sempat diskor pimpinan sidang guna menunggu Deri asta menyampaikan visi misi sebagai calon ketua Pordasi Sumbar.

Sesaat ada perbincangan antara Andri Warman, Suhatri Bur, Ramlan Nurmatias dan Deri Asta satu meja barsama, namun Andri Warman dan Suhatri Bur beranjak meninggalkan Ramlan Nurmatias bersama Deri Asta. Tak lain, mempersilahkan keduanya berdiskusi guna melanjutkan kepemimpinan Pordasi Sumbar yang sangat ditunggu forum Musprov.

Dengan serentak, keduanya kembali memasuki ruangan Musprov diiringi Andri Warman dan Suhatri Bur, bahkan sebelum Deri asta menyampaikan visi misi dia meminta Ramlan Nurmatias untuk mendampinginya dan keduanya pun memegang mikropon berdampingan.

Dengan legowo Ramlan Nurmatias menyatakan Pordasi Sumbar ini didirikan untuk membangun kekeluargaan, karena itu tidak perlu ada kata memilih dan dipilih, saya sejak pagi acara Musprov ini digelar sudah menyatakan untuk tidak mencalonkan diri lagi. Karena sampai siang belum ada calon lain, diminta juga untuk maju.

“ Nah, dengan telah hadirnya Wali Kota Sawahlunto, Pak Deri Asta, alangkah lebih baik jabatan Ketua ini kita serahkan secara aklamasi kepada beliau,” ujar Ramlan disambut gemuruha tepuk tangan forum Muasprov

Deri Asta pun menyambut ucapan Ramlan dan bersedia memimpin Pordasi Sumbar periode 2022-2026 serta menyebut dirinya siap melanjutkan estafet kepemimpinan Ramlan Nurmatias.

“ terima kasih senior, kita bersama-sama menjalakan amanah ini, Saya tadi minta syarat agar Pak Ramlan tidak meninggalkan Pordasi ini, saya tidak mau jika dibiarkan memimpin tanpa arahan beliau,” kata Deri Asta.

Pimpinan Sidang Musprov Aldias Sastra, Yontrimansyah dan Irsal Adam memutuskan dan membacakan putusan Sidang Musprov Pordasi ke XI, Deri Asta sebagai Ketua terpilih periode 2022-2026 sekaligus sebagai ketua formatur guna menyusun kepengurusan selama 30 hari kedepan.

Ketua Panitia Musprov Pordasi Ke XI Fauzan Hafiz menyampaikan apresiasinya kepada segenap pengurus Pordasi se Sumbar dan forum Musprov yang bisa menyukseskan forum tertinggi Pordasi Sumbar itu

“ Musprov ini telah menunjukkan bertapa kuatnya rasa kekeluargaan di olahraga berkuda dan bisa jadi contoh buat musyawarah apapun yang akan digelar. Terima kasih kepada kepengurusan Ramlan Nurmatias dan selamat menjalankan amanah kepada Deri Asta ketua Pordasi Sumbar periode 2022-2026 “ pungkasnya. (T.Ab)