Pemko Pariaman Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19 Untuk Anak Usia 6 Sampai 11

More articles

spot_img

Pariaman, Investigasi – Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat segera menyosialisasikan vaksinasi COVID-19 untuk kelompok anak usia 6 sampai 11 tahun guna mengoptimalkan pembelajaran tatap muka dan melindungi mereka dari paparan virus yang sedang melanda.

“Kalau sudah boleh (memenuhi syarat vaksinasi anak) maka Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) akan melaksanakan sosialisasi vaksinasi untuk anak di Pariaman,” kata Wali Kota Pariaman Genius Umar di Pariaman, Rabu.

Ia menyampaikan pentingnya vaksinasi guna membentuk kekebalan kelompok untuk melawan pandemi COVID-19 yang bahkan saat ini sudah muncul varian baru Omicron.

Hingga Senin (20/12) jumlah warga Kota Pariaman yang sudah menjalani vaksinasi COVID-19 telah mencapai 61,05 persen dari target capaian. Ditargetkan hingga akhir Desember 2021 jumlah warga Kota Pariaman yang menjalani vaksinasi mencapai 70 persen.

Ia menegaskan vaksin aman untuk tubuh dan ia pun mengajak warga di daerah itu untuk melaksanakan vaksinasi agar pandemi COVID-19 dapat berakhir sehingga aktivitas dapat kembali normal.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman Nazifah mengatakan syarat agar daerah dapat melaksanakan vaksinasi anak yaitu realisasi capaian vaksinasinya telah 70 persen.

“Jadi Pariaman belum bisa melaksanakan tapi sosialisasinya mungkin dalam waktu dekat sudah dapat dilakukan karena sebentar lagi realisasi vaksinasi kita bisa 70 persen,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Disdikpora Pariaman Yurnal mengatakan setidaknya jumlah siswa Sekolah Dasar (SD) sederajat di daerah itu sebanyak 8.350 orang.

Jumlah tersebut terdiri dari 7.661 siswa sekolah di 72 SD negeri dan delapan SD swasta serta 689 siswa sekolah di dua Madrasah Ibtidaiyah (MI) negeri dan dua di MI swasta.

Sebelumnya, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 kepada 26,8 juta jiwa kelompok sasaran anak berusia 6 hingga 11 tahun di Tanah Air dimulai Selasa (14/12), kata pejabat Kementerian Kesehatan RI.

“Kami harapkan hari Selasa (14/12) sudah dilakukan ‘kick off’ di beberapa daerah yang akan kami tetapkan dan selanjutnya itu secara bertahap sampai tahun depan, kata Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI Maxi Rein Rondonuwu melalui pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta.

Maxi mengatakan vaksinasi tersebut dilakukan secara bertahap di provinsi dan kabupaten/kota dengan kriteria cakupan vaksinasi dosis 1 di atas 70 persen dan cakupan vaksinasi lansia di atas 60 persen.

Terdapat 106 kabupaten/kota dari 11 provinsi yang saat ini telah memenuhi capaian tersebut yakni Banten, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara dan Bali. Id

spot_img

Latest

spot_img