18 Pramuka Ikuti JAMNAS XI Di Cibubur, Ini Pesan Bupati Safaruddin

Limapuluh Kota, Investigasi.news —Sebanyak 18 orang Pramuka tergabung dalam kontingen Limapuluh Kota resmi dilepas Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro bertolak pada 10 Agustus nanti untuk mengikuti Jambore Nasional di Cibubur, Jawa Barat pada 14 hingga 21 Agustus 2022. Acara pelepasan kontingen tersebut diselenggarakan di Lapangan Kantor Bupati Bukik Limau, Sarilamak pada Rabu (03/08/2022). Pelepasan Kontingen Kwartir Cabang (Kwartir Cabang) Kabupaten Limapuluh Kota yang terdiri dari 16 orang peserta dan 2 pendamping tersebut turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Widya Putra, Asisten II Fitma Indrayani, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Indrawati, Ketua Kwarcab Zulhikmi Dt.Rajo Suaro beserta jajaran dan orang tua peserta Jambore Nasional. Kegiatan Jambore Nasional yang diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT Pramuka ke-61 dan HUT Kemerdekaan RI Ke-77 akan diisi dengan beberapa kegiatan dan pembekalan materi yang akan menambah wawasan dan pengetahuan gerakan Pramuka Indonesia.

Bupati Safaruddin dalam sambutannya meminta peserta untuk memanfaatkan momentum Jambore Nasional ini menjadi kesempatan mengeluarkan potensi, kreativitas dan inovasi terbaik peserta, serta timbalah ilmu sebanyaknya dari kontingen lain yang berasal dari seantero Indonesia. Tidak hanya itu, Bupati juga berpesan agar para peserta dapat menanamkan kemauan kuat untuk memberikan prestasi terbaik sehingga dapat menjadi motor penggerak perubahan generasi muda.

Lebih jauh, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada kontingen yang terpilih mewakili Kabupaten Limapuluh Kota dalam kegiatan Jamnas yang dilaksanakan Lima tahun sekali ini. “Saya mengucapkan selamat kepada anak-anak ku semuanya, serta kakak pembina yang mengawal kontingen Pramuka. Kami ingatkan, kontingen Pramuka yang dilepas hari ini bukan hanya sebagai wakil organisasi, tetapi juga merupakan duta daerah dan duta Kabupaten Limapuluh Kota untuk membawa nama baik dan membawa citra baik daerah”, pungkas Bupati Safaruddin.

Seterusnya Beliau menitip pesan agar selama jambore semua peserta dapat mengikuti kegiatan dengan sepenuh hati dan penuh semangat serta disiplin yang tinggi. “Jaga kesehatan supaya tetap fit dalam semua kegiatan. Berinteraksi yang baik dan berikan pengaruh positif selama berada di Cibubur,” tandas Bupati Safaruddin. Di sisi lain, Beliau juga berpesan kepada kontingen agar memperkenalkan Kabupaten Limapuluh Kota yang “Ikannyo jinak, Aianyo Janiah”.

Sementara itu, Pimpinan Kwarcab Limapuluh Kota, Zulhikmi mengatakan, sebelumnya, 16 orang Pramuka Penggalang tersebut telah mengikuti seleksi pada bulan Mei lalu. Seterusnya, ia menjelaskan jika peserta dipilih dari perwakilan Gugus Depan di setiap sekolah di Limapuluh Kota. “Dari hasil seleksi tersebut, peserta terdiri dari 8 orang putra, 8 orang putri dan 2 orang pembina pendamping tergabung dalam kontingen pramuka yang selanjutnya mewakili Kabupaten Limapuluh Kota”, jelas Zulhikmi. Selanjutnya beliau mengatakan kontingen Limapuluh Kota rencananya akan berangkat 10 Agustus nanti dan akan tergabung dengan kontingen Sumatera Barat.

“Informasi terakhir, kontingen Provinsi Sumbar akan dilepas secara resmi oleh Gubernur Sumatera Barat di Dharmasraya nantinya”, tambah Zulhikmi. (Amr)