Baruah Gunuang Lima Puluh Kota Kedatangan Tim Safari Pemprov Sumbar

Limapuluh Kota, investigasi.news- Setelah sempat vakum selama dua tahun terakhir dikarenakan Pandemi Covid-19, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) kembali menggelar Safari Ramadhan ke berbagai kota dan kabupaten yang berada di Sumatera Barat. Kali ini, Masjid Jihad, Jorong Bukik Kambuik, Nagari Baruah Gunuang, Kecamatan Bukit Barisan menjadi salah satu dari 36 masjid yang mendapat kunjungan dari Tim Safari Ramadhan Sumbar pada Minggu 1 Ramadhan 1443 Hijriyah (03/04/2022). Tim Safari yang dikomandoi oleh Kapolda Sumbar ini terdiri dari Dir Resnarkoba Kombes Pol Rudy Yulianto, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Wardarusmen, Kepala BPSDM Sumbar Busta Vidiab dan Kepala Kesbangpol Sumbar Jefrinal Arifin.

Berjarak 50 Km dari pusat kota Sarilamak, tim Safari Ramadhan Provinsi diiringi langsung oleh Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo bersama Kapolres Limapuluh Kota AKBP Trisno Eko Santoso dan Anggota DPRD Limapuluh Kota Doni Ikhlas serta didampingi oleh Kepala Badan Kesbangpol Limapuluh Kota Joni Amir dan Kepala Bagian Kesra Usman.

Mengawali sambutannya, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo menjawab pertanyaan dari salah tokoh masyarakat Baruah Gunuang tentang infrastruktur jalan yang rusak di Baruah Gunuang. Ia mengatakan pada tahun ini Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota telah menganggarkan dana sebesar Rp.16,5 Miliar untuk perbaikan akses jalan antara Nagari Baruah Gunuang, Koto Tinggi dan Sungai Naniang. “Kami berharap perbaikan jalan tersebut dapat segera dikerjakan dan tidak ada lagi pemotongan, supaya infrastruktur didaerah kita menjadi lebih baik,” ungkap Safaruddin menjawab keluh kesah masyarakat Baruah Gunuang.

Dikatakannya, Safari Ramadhan kali ini merupakan safari perdana baginya selama menjabat Bupati Limapuluh Kota. Seterusnya Bupati Safaruddin menyampaikan, tahun 2022 ini Pemkab Lima Puluh Kota akan melakukan Safari atau kunjungan ke 35 masjid yang tersebar di Lima Puluh Kota dan terdiri dari 7 tim dan dikomandoi oleh Bupati, Wakil Bupati Ketua DPRD, Kepala Kejaksaan Payakumbuh, Dandim 0305/Limapuluh Kota, Kapolres Limapuluh Kota serta Kapolres Kota Payakumbuh. Beliau mengajak masyarakat untuk melaksanakan ibadah puasa dengan sebaik-baiknya. Menjaga dan mengisi bulan Ramadhan dengan amal kebajikan. “Kami juga meminta kepada masyarakat untuk dapat menjaga persatuan dan kesatuan terutama di setiap nagari masing-masing”, pungkas Safaruddin.

Sementara itu, Dir Resnarkoba Polda Sumbar Kombes Pol Rudy Yulianto mengucapkan rasa syukur atas pelaksanaan Safari Ramadhan yang dilakukan oleh Pemprov Sumbar. Ditunjuk langsung mewakili Kapolda, dirinya memaparkan pesan Kapolda untuk mengajak masyarakat agar menjadikan Ramadhan kali ini sebagai momentum untuk menjaga persatuan dan kesatuan di tengah-tengah masyarakat. “Pak Kapolda berpesan untuk selalu menjaga Kamtibmas dimanapun kita berada. Jika ada permasalahan, mari kita selesai dengan musyawarah dan tidak harus melapor langsung kepada pihak yang berwajib,” sambungnya. Rudy juga mengingatkan kepada masyarakat Baruah Gunuang akan bahaya narkoba, “Mari kita saling menjaga dan mengawasi keluarga serta lingkungan dari barang haram ini, jangan sampai para generasi muda kita terjerumus narkoba sebab ini akan bisa menghancurkan masa depan bangsa ,”tutupnya.

Di penghujung kegiatan, Usai memberikan sambutan, Tim Safari Ramadhan Pemprov Sumbar menyerahkan bantuan pembangunan masjid sebesar 50 Juta Rupiah kepada pengurus masjid Al-Jihad dan disaksikan oleh Ratusan masyarakat Nagari Baruah Gunuang. (Hms/Amr)