Bupati, Limapuluh Kota Menuju Merdeka Sinyal

Limapuluh Kota, investigasi.news-Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota berkomitmen untuk mewujudkan Smart City salah satunya melalui penguatan sinyal telekomunikasi yang menjangkau seluruh kebutuhan masyarakat dalam komunikasi dan informasi baik untuk kebutuhan pendidikan jarak jauh/daring, maupun upaya promosi dalam pemasaran digital dan pariwisata yang akan mendukung ekonomi masyarakat khususnya di Kecamatan Gunuang Omeh.

“Komitmen ini dibuktikan dengan penandatanganan kesepakatan bersama Pemkab Limapuluh Kota dengan PT. TELKOM WITEL SUMBAR sebagai upaya Limapuluh Kota menuju merdeka sinyal,” tutur Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo dalam sambutannya pada Acara Launching Migrasi Layanan 2G Ke 4G Pada Base Transceiver Station (BTS) Koto Tinggi Kecamatan Gunuang Omeh di Halaman Kantor Camat Gunung Omeh, Kamis (27/01/2022) yang digagas oleh Dinas Kominfo Kabupaten Lima Puluh Kota.

Turut Hadir Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Deni Asra, General Manager (GM) PT TELKOM WITEL SUMBAR Alfi Sumarta , Manager Telkomsel Network Service Padang Andi Suapril, Asisten Administrasi Umum Perama Putra AZ, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Eki Hari Purnama, Kepala Dinas Perhubungan Darmawijaya, Kasat Pol-PP Fiddria Fala, Kadisdik Indrawati, Kepala DPPKBP3A Tien Septino, Kedisdukcapil Refilza, Inspektur Kabupaten Suherman, Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Radimas, Kepala BKPSDM Aneta Budi Putra, Kepala Distanhortbun Witra, Camat Gunung Omeh Gusni Hendrix dan tokoh masyarakat Kecamatan Gunung Omeh.

Bupati Safaruddin, dalam sambutannya, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu misi Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota dalam meningkatkan pembangunan infrastruktur secara terpadu yang mendorong pertumbuhan ekonomi dan kualitas kehidupan masyarakat yang lebih baik. Selanjutnya Bupati Safaruddin menjelaskan bahwa Kabupaten Lima Puluh Kota memiliki banyak potensi yang dapat di explore melalui dukungan IT untuk promosi sehingga menjadi destinasi wisata bernilai jual tinggi. “Salah satunya, objek wisata di Kecamatan Gunuang Omeh yang meraih prestasi secara Nasional yaitu Wisata Adat Kampuang Sarugo (Saribu Gonjong),”tuturnya.

Ketua DPRD Limapuluh Kota Deni Asra menyebutkan bawah sinyal menjadi kebutuhan dasar semua masyarakat untuk menuju Limapuluh Kota merdeka sinyal. Ia berharap dengan program Kementerian Kominfo yang telah dijalankan oleh Pemkab Limapuluh Kota dapat meningkatan perekonomian dan memenuhi kebutuhan pendidikan masyarakat.

Pada Kesempatan yang sama, General Manager (GM) PT TELKOM WITEL SUMBAR Alfi Sumarta mengatakan bahwa proses pembangunan dilakukan secara bertahap. Tahap berikutnya penguatan sinyal akan dilakukan sehingga bisa di akses sampai ke rumah dan kantor pemerintahan kecamatan di Kabupaten Limapuluh Kota. “Kami memastikan akan menambah jangkauan area sinyal di Kecamatan Gunung Omeh sehingga masyarakat bisa merasakan akses intenet secara merata,” ungkapnya

Di sisi lain, Ketua KAN Nagari Koto Tinggi Irfan Dt. Rajo Marajo mewakili masyarakat Gunung Omeh mengucapkan terimakasih kepada Bupati dan PT TELKOM WITEL SUMBAR karena telah menghadirkan sinyal 4G sehingga masyarakat dapat berkomunikasi dengan lancar. “Hal ini berimbas kepada mudahnya anak-anak kita mengikuti pembelajaran secara online,” ujarnya.

Setelah Peresmian Migrasi Layanan BTS 4G yang ditandai dengan pemotongan pita, Bupati Safaruddin langsung melakukan Video Conference dengan pengunjung objek wisata ikan banyak. Sementara itu Base Transceiver Station (BTS) merupakan infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara peranti komunikasi dan jaringan operator yang ditempatkan di Nagari Koto Tinggi Kecamatan Gunung Omeh. Pada akhir 2021 lalu, PT. TELKOM WITEL SUMBAR sukses untuk mengembangkan layanan 2G yang ada menjadi layanan 4G yang akan memperlancar telekomunikasi di wilayah Koto Tinggi Kec. Gunuang Omeh. Hms/Yon