Bupati, Optimalisasikan Pemanfaatan Potensi Ekonomi Daerah

Limapuluh Kota, investigasi.news- Prioritas Rencana Pembangunan Kabupaten Limapuluh Kota Tahun 2023 kembali diarahkan kepada optimalisasi pemanfaatan potensi ekonomi daerah yaitu dari sektor pertanian dan pariwisata. Prioritas daerah selanjutnya adalah terkait infrastuktur terutama yang mendukung kepada pengembangan sektor pertanian dan pariwisata serta pembenahan infrastruktur di Ibu Kota Kabupaten (IKK) Sarilamak. Hal tersebut disampaikan Bupati Limapuluh Kota dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Widya Putra pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah Rancangan Rancangan Kerja Pemerintah Daerah (MUSRENBANG RKPD) Kabupaten Limapuluh Kota Tahun 2023 bertempat di Aula Kantor Bupati Limapuluh Kota, Kamis (24/03/2022).

Turut Hadir Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Barat Kuartini Deti Putri, Wakil Ketua DPRD Wendy Candra, Asisten I Herman Azmar, Asiste II Ahmad Zuhdi Perama , Plt Kepala Bapelitbang Aimel Nazra, Kepala Badan Keuangan Irwandi, unsur Forkopimda Kab. Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh, dan diikuti oleh kurang lebih 200 peserta baik secara offline maupun online yang terdiri dari perwakilan Bapeda Kota/Kabupaten yang berbatasan, unsur dari Stakeholder, Perangkat Daerah di Lingkup Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota serta delegasi dari masing-masing kecamatan.

Dalam sambutan tertulisnya, Bupati menjelaskan bahwa Pelaksanaan Musrenbang RKPD Tahun 2023 merupakan salah satu rangkaian dari proses penyusunan RKPD Tahun 2023. Sebelumnya telah dilalui pelaksanaan Musrenbang Nagari, Forum Konsultasi Publik, Musrenbang Kecamatan, dan Forum Perangkat Daerah. “Perencanaan pembangunan di tahun 2023 ini merupakan rancangan pembangunan tahun kedua yang disusun dalam RPJMD tahun 2021-2026 dalam rangka menyukseskan visi dan misi daerah yaitu Mewujudkan Limapuluh Kota yang Madani Beradat Berbudaya dalam Kerangka Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah,” ujarnya.

Dibagian lain sambutannya, Bupati mengatakan Musrenbang RKPD 2023 mengangkat tema “Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Kualitas Ekonomi Masyarakat yang Didukung dengan Pembangunan Infrastruktur”. “Untuk mendukung terwujudnya tema pembangunan tersebut maka disusunlah prioritas perencanaan tahun 2023 yaitu Pengembangan Masyarakat Madani, Pengembangan pertanian dan perikanan menuju agribisnis, Pariwisata dan peningkatan ekonomi masyarakat, Peningkatan pembangunan ekonomi masyarakat, Peningkatan Pembangunan IKK Sarilamak dan Peningkatan Pembangunan Infrastruktur Daerah, ”jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Lima Puluh Kota Wendi Candra mengaku berterimakasih dan menyambut baik kegiatan Musrenbang RKPD tahun 2023 Kabupaten Lima Puluh Kota ini, sebab kegiatan ini merupakan langkah untuk menyelaraskan rancangan RKPD melalui berbagai tahapan yang didalamnya terjadi proses negosiasi, rekonsiliasi dan harmonisasi untuk mencapai konsensus bersama dalam pembangunan daerah. “Kegiatan musrenbang ini memiliki peran dan memiliki poin penting dalam meminimalisir ketidak pastian dan ketidak puasan masyarakat, meminimalisir aspirasi yang tidak terpenuhi, meminimalisir in-efisiensi penggunaan anggaran sehingga kegiatan ini sangat perlu kita laksanakan,” ujarnya.

Ia mengungkapkan untuk menyukseskan pembangunan daerah tahun 2023 ini diperlukan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi antara pelaku pembangunan baik itu disisi Pemerintah, swasta dan masyarakat di daerah, sehingga akan terjadi pembangunan yang berkelanjutan, terpadu dan terarah untuk jangka panjang. Hms/yon