Dekopinda Limapuluh Kota 2020-2025 Dilantik

Limapuluh Kota, investigasi.news-Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt.Bandaro Rajo meminta Dewan Koperasi Indonesia (Dekopinda) Limapuluh Kota turun tangan membina 217 koperasi di Kabupaten Limapuluh Kota. Dekopinda sebagai lembaga gerakan koperasi otonom sekaligus mitra pemerintah dalam pembangunan koperasi, pembinaan itu diharapkan membawa ke-217 koperasi tersebut menjadi koperasi unggulan. Terwujudnya koperasi yang unggul dan tangguh akan berdampak kepada peningkatan kesejahteraan anggota dan pertumbuhan ekonomi di daerah.

Hal tersebut disampaikan Bupati Safaruddin seusai menyaksikan pelantikan dan pengukuhan Kepengurusan Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Limapuluh Kota periode 2020-2025 di Aula Kantor Bupati Limapuluh Kota, Sarilamak Selasa (15/02/2022 ). Sebanyak 22 orang tampil sebagai Kepengurusan Dekopinda Limapuluh Kota periode 2020-2025, merupakan hasil Musyawarah Daerah Dekopinda Limapuluh Kota pada pertengahan Desember 2019 lalu, dengan ketua umum, drh. Harmen. Pelantikan dan pengukuhan ini berselang agak lama dari selesainya musyawarah daerah mempertimbangkan perkembangan status Pandemi Covid-19. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Dewan Koperasi Indonesia Wilayah Sumatera Barat Hendra Irwan Rahim. Tampak juga pada kesempatan itu, Sekretaris Daerah Widya Putra, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Ayu Mitria Fadri serta Ketua Dekranasda Limapuluh Kota Nevi Safaruddin serta jajaran Kepengurusan Dekopinda Limapuluh Kota serta perwakilan koperasi lainnya.

Untuk mendukung terwujudnya koperasi unggul di Limapuluh Kota, Bupati Safaruddin meminta Dekopinda dengan fungsinya senantiasa melakukan evaluasi terhadap perkembangan dan kemajuan koperasi binaannya. Sehingga, hal ini bisa membantu kinerja koperasi dalam membangun ekonomi kerakyatan serta mewujudkan kesejahteraan anggota dan masyarakat.
Di sisi lain, Bupati Safaruddin berharap dengan Dekopinda Limapuluh Kota senantiasa menjalin hubungan dan kerjasama yang baik dengan gerakan koperasi serta pemerintah selaku mitra kerja. Seterusnya ia mengatakan dengan sinergitas dan komitmen bersama diharapkan segala dinamika, tantangan, dan perjalanan panjang gerakan koperasi dapat diatasi demi menciptakan soko guru perekonomian yang berkeadilan sosial sebagaimana termaktub dalam konstitusi. “Kami berharap masyarakat kembali memanfaatkan koperasi sebagai penunjang dalam kehidupan sehari-hari dan untuk pelaku Koperasi, saya menghimbau untuk terus meningkatkan ilmunya dan terus berinovasi serta melaksanakan transformasi di zaman serba digital”, tutup Bupati Safaruddin.

Sementara itu, Ketua Dekopinwil Sumbar Hendra Irwan Rahim dalam sambutannya mengatakan dengan pelantikan pengurus baru Dekopinda Limapuluh Kota 2020-2025, perkembangan koperasi yang berada di Limapuluh Kota dapat membantu pembangunan ekonomi daerah. Selanjutnya ia menuturkan Dekopinda Limapuluh Kota dapat menjadi contoh bagi pengembangan koperasi di daerah lainnya, hal tersebut terlihat dengan turut hadirnya Bupati beserta Sekda dalam pelantikan ini merupakan bukti komunikasi yang intens antara Dekopinda Limapuluh Kota dengan Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota. “Saya yakin dan percaya Dekopinda Limapuluh Kota akan besar dan jaya jika koordinasi dengan Pemda dapat terjalin dengan baik”, tuturnya. Terakhir ia menghimbau kepada seluruh pelaku Koperasi untuk mendukung setiap program yang dicanangkan oleh pemerintah daerah agar bersama membangun Limapuluh kota lebih baik kedepan. Hms/Yon