Dorong Peran Keluarga, Bupati Safaruddin Bersama Ketua TP PKK Hadiri Jambore PKK Lubuk Basung

Limapuluh Kota, Investigasi.news — Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo beserta Ketua TP- PKK Kabupaten Limapuluh Kota, Ny. Nevi Safaruddin mendampingi rombongan pengurus dan sejumlah kader, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Limapuluh Kota, mengikuti jambore Kader PKK Berprestasi ke XIX dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 50 Tahun 2022 di Lubuk Basung, Kabupaten Agam, pada Senin, (18-19/07/2022).
Kegiatan ini dibuka langsung oleh Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansyarullah, serta dihadiri oleh Ketua TP – PKK Provinsi Sumatera Barat Ny. Harneli Mahyeldi, Bupati/Walikota se Sumatera Barat, beserta sejumlah ketua dan kader PKK Kabupaten/Kota se-Provinsi Sumatera Barat

Membacakan sambutan Ketua TP PKK Pusat Tri Tito Karnavin, Ketua TP PKK Sumatera Barat Ny. Harnely Mahyeldi menerangkan bahwa HKG ke-50 PKK kali ini menjadi sangat istimewa karena merupakan peringatan Tahun Emas gerakan PKK di Indonesia.

“Melalui peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK kali ini saya mengingatkan agar gerakan PKK kembali pada ruh-nya, yakni sebagai gerakan masyarakat untuk memberdayakan keluarga. Artinya, keluargalah yang harus menjadi fokus perhatian kita, keluargalah yang harus kita berdayakan karena keluarga merupakan unit terkecil masyarakat. Sehingga apabila keluarga-keluarga di Indonesia ini dapat kita berdayakan sesuai dengan potensi dan kebutuhannya maka berarti gerakan PKK juga berpotensi memperdayakan masyarakat secara keseluruhan,” terangnya.

Untuk itu, dilanjutkannya, tema HKG tahun 2022 ini harus melekat dalam hati sanubari sebagai keluarga besar gerakan PKK dan menjadi tekad bersama untuk mendedikasikan diri ikut serta memajukan negara dan bangsa Indonesia.“Sesuai dengan kesepakatan hasil Rakernas, saya berharap agar langkah penyesuaian manajemen kelembagaan tim penggerak PKK dapat dilakukan di semua jenjang. Hal ini menjadi penting karena pada hakikatnya program-program mereka dapat terlaksana secara baik dan tepat sasaran ketika dikelola oleh sistem manajemen kelembagaan yang baik,” lanjut Harnely

Senada dengan Ketua TP – PKK Sumbar, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansyarullah dalam sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut mengingatkan seluruh jajaran pemerintah maupun kader PKK akan tugas dan tanggungjawab kedepan yang semakin berat karena kompleksnya problematika ditengah masyarakat seperti permasalahan ekonomi, penyalahgunaan narkotika, LGBT dan persoalan sosial lannya. “Saya berharap, segala persoalan tersebut dijadikanpemacu semangat kader PKK untuk dapat mencermati dan mencarikan solusi untuk melaksanakan program yang bersentuhan langsung dalam memberdayakan keluarga,” harap Gubernur.

Sementara itu, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo mengaku akan trus mendorong peran strategis PKK dalam menyukseskan program pembangunan, trutama yang berkaitan dengan pengembangan kualitas sumber daya manusia yang berbudaya dan berdaya saing berlandaskan keimanan, termasuk gerakan pemberdayaan keluarga, peningkatkan kualitas akses pendidikan masyarakat serta peningkatan derajat kesehatan masyarakat. “Melalui Ketua TP PKK kita akan trus dorong dan motifasi sampai ke Nagari untuk meningkatkan peran PKK sebagai mitra pemerintah dalam menyokong pembangunan secara keseluruhan,” ulas Bupati

Pada jambore ini Kabupaten Limapuluh Kota yang diwakili oleh Nagari Mungka tampil sebagai juara harapa Tiga, kategori Pola asuh anak dan remaja di era digital, Pokja I. (Amr)