Gelar Bimtek Gerakan PKK Bagi Pengurus TP-PKK Nagari Se Kabupaten Lima Puluh Kota, Ini Pesan Nevi Safaruddin

Lima Puluh Kota, Investigasi.news – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) memiliki peran strategis dalam menjembatani program pemerintah dengan masyarakat. TP-PKK menjadi wadah yang dapat menggali dan menggerakkan partisipasi masyarakat khususnya dalam lingkungan keluarga, perempuan dan anak termasuk juga dalam pemberdayaan perekonomian. Dalam melaksanakan perannya, TP-PKK baik tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Nagari harus memahami rencana program dan kegiatan PKK yang tersusun dalam Rencana induk dan Strategi PKK.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua TP-PKK Lima Puluh Kota Nevi Safaruddin dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Gerakan PKK bagi Pengurus TP-PKK Nagari se-Kabupaten Lima Puluh Kota pada Senin (26/09/2022) bertempat di Aula Kantor Bupati Lima Puluh Kota Sarilamak. Turut Hadir Bupati Lima Puluh Kota diwakili Sekretaris Daerah Widya Putra, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa/Nagari (DPMD/N) Endra Amzar, dan peserta bimtek yang terdiri dari Ketua dan Sekretaris TP-PKK Nagari sekabupaten Lima Puluh Kota.

Dalam sambutannya, Nevi Safaruddin menjelaskan bahwa rencana induk dan Strategi PKK telah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri no. 36 tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden no. 99 tahun 2017 dengan Agenda Prioritas PKK yang ditetapkan ada 4 (empat) yaitu: 1)ketahanan ekonomi, 2) revolusi mental, 3) lingkungan hidup dan 4) memperkuat pelayanan dasar seperti kesehatan, pendidikan, sosial dan budaya.

Selanjutnya Nevi mengatakan bahwa Kegiatan bimtek yang diselenggarakan merupakan tindak lanjut dari Rapat Kerja Nasional (Rakernas), Rapat Kerja Daerah (Rakerda) tingkat Provinsi Sumatera Barat dan tingkat Kabupaten serta pelantikan serantak hampir seluruh Ketua TP-PKK Nagari se-Kabupaten Lima Puluh Kota. “Bimtek ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang sama mengenai rencana program dan kegiatan PKK yang tersusun dalam rencana induk dan strategi PKK,” tutur Nevi.

Hal senada juga disampaikan oleh Bupati Lima Puluh Kota diwakili Sekretaris Daerah Widya Putra, “Beberapa waktu yang lalu kita telah mengadakan pesta demokrasi ditingkat nagari, dimana dari 79 nagari 70 nagari telah dilakukan pemilihan secara serentak dan 46 orang merupakan walinagari baru terpilih dan tentu juga dengan ketua tim penggerak pkk yang baru pula , maka kami menilai acara ini merupakan langkah yang sangat strategis bagi TP-PKK Kabupeten Lima Puluh Kota memberikan pembekalan dan pemahaman bagi TP-PKK nagari dalam melaksanakan gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.” Bupati berharap PKK, sebagai Mitra Pemerintah, mempunyai visi yang bisa disinergikan dengan visi dan misi Kepala Daerah.

Selain pemberian materi, pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan hadiah Lomba Gerakan PKK kepada Nagari Mungka yang meraih Harapan III dalam Lomba Pola Asuh Anak dan Remaja di Era Digital dan penyerahan hadiah Lomba Jambore Kader PKK tingkat Provinsi Sumatera Barat sebagai Harapan II Lomba Mars Dasawisma Bidang Sekretariat. (Amr)