Pemkab Limapuluh Kota Apresiasi Peran Strategis RAPI

Limapuluh Kota, investigasi.news-Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota mengapresiasi peran strategis organisasi Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) dalam kegiatan sosial, kebencanaan dan pembangunan di Kabupaten Limapuluh Kota. Mengingat sebagian wilayah di Kabupaten Limapuluh Kota termasuk rawan bencana, RAPI diharapkan tetap maksimal dalam pengelolaan informasi dan edukasi kebencanaan serta pembangunan sehingga bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat secara luas. Demikian rangkuman sambutan tertulis Bupati Limapuluh Kota yang dibacakan Asisten III Bidang Administrasi Umum Ahmad Zuhdi Perama Putra ketika bertindak mewakili Bupati Limapuluh Kota menyaksikan pelantikan dan pengukuhan Kepengurusan RAPI Wilayah 03.12 Kabupaten Limapuluh Kota oleh Ketua RAPI 03 Sumbar, untuk masa bakti 2021-2025, pada Sabtu (05/2/2022), di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Limapuluh Kota. Pelantikan 35 orang kepengurusan RAPI Limapuluh Kota yang baru dilakukan oleh Ketua RAPI 03 Daerah Sumatera Barat Noviardi, SH.

Turut hadir dalam momen itu Plt.Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Limapuluh Kota, Ramadinol, Kepala Badan Kesbangpol Limapuluh Kota, Joni Amir, jajaran Basarnas, RAPI dan ORARI Kabupaten Limapuluh Kota.

Di bagian lain dari sambutan tertulis, Bupati mengucapkan selamat kepada Ketua serta para pengurus RAPI yang baru saja dilantik. “Mudah-mudahan dengan dikukuhkannya kepengurusan RAPI Wilayah 03.12 Limapuluh Kota, kemitraan dengan pemerintah dalam hal kebencanaan dapat berjalan dengan baik,” kutip Asisten III A. Zuhdi P.P. Dalam sambutan itu juga disinggung selaku organisasi yang banyak bergerak dibidang sosial dan kebencanaan, aktivitas RAPI di bidang komunikasi radio memiliki fungsi yang strategis dalam memberikan informasi dalam setiap kejadian bencana serta pembangunan. Lebih jauh mengutip teks sambutan tertulis, kata Asisten III A. Zuhdi P.P, “Kedepan kami berharap dengan eksistensinya RAPI dapat membantu masyarakat dan pemerintah mengenai ancaman bahaya suatu bencana maupun informasi pembangunan dengan radio komunikasi, sehingga memungkinkan informasi dapat menjangkau masyarakat.”

Sementara itu, Ketua RAPI Wilayah 03 Sumbar, Noviardi, SH menghimbau agar pengurus yang baru saja dilantik untuk dapat menjunjung tinggi tanggungjawab yang diamanahkan serta berinovasi dalam rangka membantu pemerintah terutama menyangkut kesejahteraan sosial dan kebencanaan. “Mari kita tingkatkan komitmen dan kebersamaan,” ujarnya. Hms/Yon