Pemkab Limapuluh Kota Salurkan Bantuan Rp 120 Juta Untuk Korban Gempa Pasaman-Pasaman Barat

Limapuluh Kota, investigasi.news- Guncangan Gempa bumi dengan episentrum di Pasaman Barat pada 25 Februari 2022 lalu meninggalkan duka yang mendalam bagi warga Pasaman dan Pasaman Barat. Betapa tidak gempa bumi telah merenggut puluhan korban jiwa, kerugian harta benda, serta meluruhkan harapan hidup korban yang selamat. Tak ayal, bencana alam terdahsyat di Sumatera Barat di awal tahun 2022 memantik kepedulian dari berbagai kalangan dari dalam luar wilayah terdampak bencana.

Tak terkecuali Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota yang ๐˜ฏ๐˜ฐ๐˜ต๐˜ข๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ฆ juga tetangga terdekat Kabupaten Pasaman. Meski sebagian wilayahnya juga terdampak, ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ฃ๐˜ข ๐˜ฃ๐˜ถ๐˜ณ๐˜ถ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ฉ๐˜ข๐˜ฎ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ถ๐˜ข๐˜ฏ Limapuluh Kota turut merasakan duka Pasaman dan Pasaman Barat. Terlebih untuk membangkitkan kembali harapan hidup bagi korban yang terdampak langsung bencana gempa bumi.

Tak mau berpangku tangan, semenjak Februari lalu, atas inisiatif Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo, dikoordinir oleh Sekretaris Daerah Widya Putra, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota menggalang donasi bersumber dari Aparatur Sipil Negara, tenaga non ASN, para pihak yang bersimpati atas musibah gempa bumi.Hasil penggalangan bantuan diserahkan langsung secara simbolis oleh Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo kepada Bupati Pasaman Benny Utama dan Bupati Pasaman Barat Hamsuardi pada hari ini, Senin (14/03/2022) di Kantor Bupati Pasaman dan Rumah Dinas Bupati Pasaman Barat.

“Bantuan ini merupakan bentuk solidaritas Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota kepada warga Pasaman dan Pasaman Barat yang terdampak bencana. Total bantuan yang kami bawa sejumlah 120 juta rupiah yang nantinya dibagi dua, 60 juta rupiah untuk Pasaman dan 60 rupiah juta untuk Pasaman Barat. Kami membawa bantuan berupa uang tunai yang diserahkan secara langsung kepada Bupati masing-masing daerah,” ujar Bupati Safaruddin.

Bupati Safaruddin juga berharap donasi yang terkumpul dapat menjadi ladang amal bagi para pemberi donasi dan dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk meringankan beban bagi para korban musibah gempa tersebut. Di sisi lain, menurutnya, terselenggaranya pengumpulan donasi ini juga menandakan hubungan antara Pemerintah Daerah yang ada di Sumatera Barat terjalin dengan baik. “Kami berharap kegiatan tolong-menolong dalam kebaikan senantiasa akan menjadi budaya bagi semua pegawai yang ada di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota”, tutup Bupati Safaruddin.

Penyerahan Bantuan Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota ke Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat turut dihadiri oleh Ketua TP-PKK Nevi Safaruddin, Asisten I Hendra Azmar, Asisten II Fitma Indrayani, Sekretaris Dewan Dedi Permana, Kepala Dinas Pendidikan Limapuluh Kota Indrawati, Plt Kepala Dinas PU Rilza Hanif, Kepala Dinas Pertanian, Hortikultura, dan Perkebunan Witra Porsepwandi, Kepala Dinas Dukcapil Refilza, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Irene Yunirman, Kepala Satpol PP Fidria Fala, Plt Kalaksa BPBD Ramadinol dan Pimpinan Baznas Limapuluh Kota Nursal. Hms/Yon