Tingkatkan Kualitas SDM, Pemkab 50 Kota Bersama Baznas Distribusikan 2191 Bantuan Beasiswa Pendidikan

Limapuluh Kota, Investigasi.news – Suka cita perayaan peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun 2022 begitu terasa bagi masyarakat Indonesia. Raut kebahagiaan masyarakat nyata terlihat dalam menyambut hari jadi Indonesia ke-77 di berbagai daerah termasuk Limapuluh Kota. Begitupun dengan dunia pendidikan khususnya pelajar di Limapuluh Kota, kebahagiaan mereka dalam menyambut hari kemerdekaan tersebut semakin lengkap tatkala Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) salurkan 2191 bantuan pendidikan bagi pelajar SD maupun SMP di Kabupaten Limapuluh Kota.

Bantuan yang diberikan oleh Baznas merupakan akumulasi pengumpulan zakat dari Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota senilai Rp. 457.500.000. Diselenggarakan di Aula Kantor Bupati, Selasa, (23/08/2022), tampak hadir Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo, Ketua I BAZNAS Nursal beserta jajaran, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Indrawati. Pada momen tersebut, Beasiswa diserahkan Ketua BAZNAS secara simbolis kepada Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo.

Bupati Limapuluh Kota dalam arahannya menjelaskan, pemberian bantuan pendidikan kepada pelajar merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berbudaya dan berdaya saing sesuai dengan misi pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota. Seterusnya, Ia mengatakan investasi manusia dari sisi pendidikan sangat penting dan menjadi indikator keberhasilan pembangunan di bidang SDM. “Untuk itu pihaknya bersama dengan Baznas Limapuluh Kota memberikan bantuan agar dapat digunakan sebagai kebutuhan bagi pelajar dalam menunjang pendidikan”, Ucap Bupati Safaruddin.

Dengan bantuan pendidikan yang mulai disalurkan Baznas Limapuluh Kota, Bupati Safaruddin meminta para pelajar dapat memanfaatkan sebaik baiknya dan harus sesuai dengan peruntukannya. “Kami berharap beasiswa yang diterima pelajar secara tunai ini dapat digunakan untuk kepentingan pendidikan bukan untuk belanja kebutuhan di luar kebutuhan pendidikan serta mengingatkan para ASN tidak lupa mengeluarkan 2,5 persen zakat dari penghasilan yang diterimanya”, ujar Bupati.

Sementara itu, Ketua I BAZNAS Limapuluh Kota Nursal dalam sambutannya mengatakan, Baznas telah menjalin kerjasama dengan pemkab Limapuluh Kota dalam pengelolaan Zakat ASN di Limapuluh Kota. “Sampai awal Agustus, Zakat ASN yang dikelola Baznas Limapuluh Kota mencapai Rp.2.829.517.870, hingga saat ini bantuan untuk pendidikan mencapai Rp.1.051.070.000 dengan rincian Rp.457.500.000 untuk siswa, Rp.514.600.000 mahasiswa yang ada di Limapuluh Kota dan untuk kebutuhan pendidikan lain Rp.78.970.000”, ungkap Nursal.

Tidak hanya bantuan pendidikan, Nursal menjelaskan bahwa Baznas Limapuluh Kota turut memberikan bantuan kemanusiaan, kesehatan, ekonomi, maupun dakwah. Ia berharap dengan adanya program bantuan Baznas, keberadaan Baznas bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat terutama bagi pelajar di Limapuluh Kota. “Program Baznas selalu bersinergi dengan program pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota yakni mewujudkan Limapuluh Kota yang Madani beradat dan berbudaya berlandaskan Adat Basandi Syarak Syarak Basandi Kitabullah”, pungkas Nursal. (Amr)