Tangis Warga Mengiringi Pemancangan Tiang Kubah Mesjid Darurrahman Desa Tokaka Halsel

Maluku Utara, Investigasi.News – Tangis Warga tak terbendung saat menyaksikan prosesi pemancangan Tiang Alif (Kubah) mesjid Darurrahman Desa Tokaka Kecamatan Gane Barat Utara, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara pada Jumat, 16 Desember 2022, sekira pukul 06.00 Wit.

Terlihat ratusan warga Desa Tokaka sangat antusias mengikuti prosesi pemasangan tiang kubah mesjid atau dalam bahasa daerah disebut “Tiang Alif” ( Kubah).

Disertai doa dan kalimat-kalimat pujian kepada Allah SWT, sang pencipta terus disuarakan oleh masyarakat Desa Tokaka.

Suasana bertambah syahdu dan khidmat saat prosesi pemancangan “Tiang Alif” ( Kubah) Mesjid Darurrahman yang ditandai dengan kumandang adzan oleh Hairuddin ( muadzin ). Saat Adzan dikumandangkan warga tak bisa menahan tangis mereka karena mengingat para leluhur dan tokoh agama sebelum mereka yang sangat berjasa dalam desa tersebut.

Hal ini disampaikan oleh salah satu warga Desa Tokaka Rasid Hi. Zainal yang ikut dalam prosesi pemancangan Tiang Alif ( Kubah) Mesjid Darurrahman ini. Turut dihadiri para tetua kampung, tokoh adat, tokoh agama, imam-imam, dari ratusan warga sekitar dan badan sya’ra bersama pengurus mesjid Darurrahman, Pemerintah Desa (Pemdes) setempat dan sejumlah masyarakat baik dari desa-desa sekitar.

Lanjut Rasid, Kepala Desa (Kades) Tokaka Jufri Ajid, tidak bisa hadir dalam proses pemancangan Tiang Alif ( Kubah) Mesjid Darurrahman tersebut dikarenakan Sakit keras yang sementara ini sedang berobat di Bacan Halmahera Selatan. beliau hanya bisa memberikan apresiasi, dan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi pada prosesi pemasangan Tiang Alif Mesjid Darurrahman Desa Tokaka.

“Walaupun dalam kondisi Sakit Kades Masih Memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat yang ikut menunjukkan jiwa kebersamaan dalam berpartisipasi menaikkan Tiang Alif ( kubah ) tersebut,” ucapnya, melalui pesan WhatsApp pada awak media Sabtu (17/12/2022).

Dia juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada para pemuka agama, tokoh adat dan pemuda serta ibu-ibu telah ikut melibatkan diri dan memiliki semangat yang luar biasa, sejak awal pembangunan hingga tahapan pemancangan Tiang Alif mesjid Desa Tokaka.

Tambah Rasid, Masyarakat juga berharap kepada Pemerintah daerah Kabupaten Halmahera Selatan dan Pemprov Maluku Utara harus serius memperhatikan Rehabilitasi pembangunan mesjid Darurrahman Desa Tokaka itu.

“Sebab pembangunan mesjid Darurrahman Desa Tokaka itu, masih banyak membutuhkan Anggaran Ratusan juta hingga miliaran rupiah untuk diselesaikan”, tutupnya.

Penulis : Y.Tabaika
Sumber: Rasid Hi.Zainal