Dinas Koperindag Mentawai Gelar Pelatihan UMKM

Mentawai, investigasi.news – Pelaku usaha UMKM di Kabupaten Kepulauan Mentawai mendapat pelatihan bimbingan dari Koperindag Kabupaten Kepulauan Mentawai untuk berwirausaha, supaya bisa mengembangkan usahanya.

Dikatakan Kepala Koperindag Kabupaten Kepulauan Mentawai Salomon Pardede bahwa pelatihan untuk pelaku usaha UMKM ini diikuti sebanyak 40 puluh Orang, peserta, dengan menggunakan angaran DAK.

Semua peserta diberi bimbingan usaha yang dimulai dari cara mereka untuk membuka usaha sampai untuk mengembangkan usah UMKM, agar semua usah bisa berkembang dan sukses dalam menjalankannya.

Hadir sebagai narasumber dalam pelatihan yakni BRI dan dari pemodal madani serta dari Pengusaha Kristin Hakim.

Disampaikan juga, semua peserta nantinya bisa diberi pinjaman dari BRI, pemodal madani dan dari perindag propinsi.

Adapun jenis-jenis usaha yang akan di kembangkan nanti nya menurut Pardede, olahan keripik talas, keripik ubi, olahan ikan asin, dendeng ikan tuna dan olahan kayu.

Sementara dari narasumber Kristin Hakim sendiri nantinya semua peserta akan dibawa langsung melihat tempat pengelolaan makanan dan bagaimana untuk melakukan pemasaran. Dimana nantinya akan di pasarkan produk UMKM seperti di Kristin Hakim.

Harapan diadakannya pelatihan ini agar terbuka peluang usah baru untuk warga Mentawai dan masyarakat umumnya, karena kita di Mentawai mempunyai bahan baku yang cukup melimpah”, tutup kepala Koperindag Mentawai Pardede. Mb