Rumah Sakit Pratama Mentawai Diresmikan

Mentawai, Investigasi.news – Diakhir masa jabatannya, Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet meresmikan Rumah Sakit Pratama di kecamatan Siberut Selatan, pada selasa 17/05/22.

Dalam kegiatan peresmian tersebut juga dihadiri oleh ketua DPRD Mentawai Yosep sarukdok dan unsur forkonpimda Mentawai, Kapolres Mentawai AKBP Mu at Dandim Mentawai yang diwakili danramil Siberut, Danlanal, Kejari, dan beberapa kadis, Tohap kadis perhubungan, Oreste kadis pendidikan, Budi Siregar Kadis Bina Marga, Hati Sama Hura kadis pertanian, Sermon DKPSM, Camat, Beserta kepala desa.

Dalam wawancara bupati menyampaikan bahwa, selama ini kita merindukan rumah Sakit ini beroperasi di Pulau Siberut, dari kepala dinas yang lama Lamuddin. Sekaranglah terwujud peresmian rumah sakit Pratama dengan kepala dinas yang baru yaitu Desti Simanora walaupun sekarang ini baru diresmikan gedungnya saja, namun dalam rencana tahun ini dengan Kadis yang baru rumah sakit akan di operasionalkan.

“Dikarenakan luasnya wilayah di Mentawai tidak bisa masalah kesehatan difokuskan di Pulau sipora saja dan nantinya Rumah Sakit Pratama akan tersebar di daerah lain seperti Pagai Utara dan pagai Selatan”, kata Bupati

Yudas menyampaikan pengalaman diwaktu covid 19 itu terbantu sekali untuk menangani rumah sakit Pratama. Karena dipakai untuk kegiatan isolasi bagi pasien covid-19, kalau tidak sekarang kapan lagi kita memulai untuk menangani dan melayani kesehatan bagi masyarakat khususnya Mentawai.

Yudas berharap RS yang bersumber dari uang rakyat ini bisa meningkat status nya dari tipe D, bisa meningkat, peringkatnya, dan di Tuapejat akan meningkatkan status Rumah Umum tersebut dan akan melengkapi dengan dr tulang dan dr bedah dan dr spesialis dan lainnya, serta melengkapi pasilitas pelayanan rumah sakit dan menjadi rujukan dari pulau siberut, pagai selatan juga pagai utara”, jelas Bupati lagi.

Kemudian dalam kesempatan tersebut, kepala dinas Kesehatan Desti shimanora menyampaikan sambil berjalannya waktu Rumah Sakit Pratama ini akan dilengkapi dengan fasilitas yang memadai serta sekarang ini melengkapi izin operasional untuk sebuah rumah sakit Adapun bangunan yang masih terbengkalai Desti menyampaikan semuanya akan diselesaikan sampai nanti Rumah Sakit Pratama Bisa difungsikan sebagaimana mestinya”, tutupnya. Mebri