Bakal Jadikan Wisata Yang Handal, Camat Padang Selatan Bakal Gelar Goro Masal

Padang, lnvestigasi.news – Camat Padang Selatan Jasman, melakukan penyusuran ke beberapa sungai-sungai kecil yang berada di sekitar Batang Arau khususnya di sekitar Muara. Hak tersebut dilakukan untuk melihat semua saluran-saluran air, baik itu real Got yang bermuara ke Sungai Batang Arau. Tepatnya di sungai yang berada pada Kelurahan Padang Selatan seberang Palinggam Kelurahan Batang Arau dan Pasa Gadang kamis (29/9/22).

Dikesempatan tersebut, Camat menyampaikan ke investigasi.news bahwa beberapa hari kedepan akan diadakan kegiatan pembersihan saluran-saluran air yang bermuara ke Sungai Batang Arau.

Menurut pengamatan dari Camat sendiri rata-rata sampah yang bermuara ke Sungai Batang Arau itu berasal dari beberapa got dan aliran batang air masyarkat. Karena masyarakat sering membuang sampah di kali yang kecil maupun yang besar. Dari hulu sungai yang bermuara ke laut.

“Kita akan mengkoordinasikan sama kecamatan-kecamatan yang ada aliran sungainya dan bermuara ke Batang Arau, baik dari Kecamatan Luki, Pawuah, Kecamatan Lubek, Padang Timur, Aliran Sungai Padang Besi, semuanya itu mengarah ke Batang Arau”, jelas Jasman.

Sesuai arahan dari Walikota Padang Hendri Septa, setiap Minggu Kota Padang mengadakan kegiatan pembersihan Sungai Batang Harau. Jadi itu semua ditargetkan selama 3 bulan ke depan dimulai dari tanggal 9 Oktober akan di adakan goro massal yang melibatkan semua unsur di Kota Padang, yang bertepatan di Batang Arau dengan tema Padang bergoro.

Terkait hal tersebut, camat mengharapkan partisipasi dari semua pihak untuk turut serta menjaga kebersihan Batang Arau karena batang Arau, berpotensi untuk kegiatan pariwisata, kalau itu semua tidak dibenahi jadi semuanya bisa tidak menarik untuk dinikmati pariwisata.

“Nanti perahu Nelayan yang tidak terpakai itu semua akan dibersihkan/dipindahkan dari Muara Batang Arau. Kemudian bagi kapal-kapal yang masih bisa dipakai itu nanti akan dijadikan tempat berwisata bagi masyarakat, agar masyarakat yang berwisata bisa menaiki perahu perahu Nelayan, atau bersantai di atas kapal perahu nelayan tersebut. Dan targetnya bagi wisatawan-wisatawan bisa menikmati pantai dan sungai. Dan menjadikan Batang Arau destinasi wisata di Kota Padang yang handal”, tutup camat. Mb