Bertajuk ‘Nirwasita Tantra 2021’, Walikota Padang Kembali Terima Penghargaan Nasional

More articles

spot_img

Padang, Investigasi.news – Di pertengahan tahun 2022, Wali Kota Kota Padang Hendri Septa kembali meraih penghargaan, kali ini bertajuk ‘Nirwasita Tantra 2021’ dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia untuk kategori kota besar.

Penghargaan tingkat nasional itu akan diterimanya langsung dari Menteri LHK RI Siti Nurbaya pada 20 Mei 2022 mendatang, di Gedung Manggala Wanabakti Jakarta Pusat. Penghargaan Nirwasita Tantra 2021 merupakan penghargaan ke-34 yang diterima Wako Hendri Septa rentang Januari 2021 hingga Mei 2022.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang Mairizon menjelaskan, penghargaan ‘Nirwasita Tantra merupakan program dari Kementerian LHK untuk menilai kebijakan Kepala Daerah bersama Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dalam mengatasi permasalahan lingkungan.

“Melalui penghargaan ‘Nirwasita Tantra ini pemerintah pusat ingin melihat bagaimana wali kota, Ketua DPRD dan kepala dinas mengatasi dan mengurangi dampak terhadap permasalahan lingkungan, seperti pencemaran udara, pengelolaan sampah, termasuk juga dari segi penganggaran”, ulas Kadis.

Lebih lanjut Mairizon menjelaskan, penghargaan ini juga tidak lepas dari sejumlah inovasi dan kerja keras yang dilakukan oleh DLH Kota Padang, diantaranya; memasang CCTV di mobil pengangkut sampah, membentuk tim penegakkan hukum pada area-area tertentu yang diduga terjadi pelanggaran dan menerbitkan Perwako, dimana bagi masyarakat yang melaporkan terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan akan diberikan insentif.

“Kota Padang masuk ke dalam kategori Kota Besar. Di Indonesia hanya 3 kota yang menerima penghargaan ini yakni, Kota Padang, Balik Papan dan Surabaya,” pungkas Kadis.

Sementara itu, Wali Kota Padang Hendri Septa bersyukur diterimanya kabar baik bahwa Kota Padang akan menerima penghargaan ‘Nirwasita Tantra tahun 2021’ dari Kementerian LHK Republik Indonesia.

“Alhamdulillah wa syukurilah, Pemerintah Kota Padang kembali meraih penghargaan di tingkat nasional. Ini sebagai bukti upaya kita dalam membangun Kota Padang. Untuk itu saya ucapkan terima kasih kepada warga Kota Padang dan semua pihak yang terus mendukung pembangunan di Kota Padang,” pungkas Wako. (Mul/BT/Prokompim Pdg)

spot_img

Latest

spot_img