Di Tangan Wako Hendri Septa, Kota Padang Dapat Penilaian BB Pada Kategori SAKIP Dan RB

Padang, Investigasi.news – Pemerintah Kota Padang memperoleh predikat BB atau sangat baik dalam penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) Tahun 2021 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Kota Padang mendapatkan penilaian BB pada kategori SAKIP dan penilaian BB pada kategori RB. Khusus untuk Kategori RB, Kota Padang naik kelas dari tahun sebelumnya, dimana pada tahun sebelumnya mendapat predikat B. Kota Padang juga merupakan satunya-satunya kabupaten/kota di Sumatera Barat yang mendapatkan predikat BB untuk kategori RB.

Penghargaan atas capaian kinerja SAKIP dan RB Tahun 2021 tersebut diterima Wali Kota Padang Hendri Septa dalam kegiatan yang bertajuk SAKIP & RB Award 2021 yang diikuti oleh wali kota secara virtual dari Ruang VIP Rumah Dinas, Selasa (5/4/2022).

Turut hadir di kesempatan itu, Asisten Administrasi Umum Didi Aryadi, Kabag Organisasi Swesti Fanloni dan Inspektur Pembantu II Ansoriudin.

Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan, penghargaan yang diterima ini merupakan Kerja cerdas dan merepleksikan kinerja seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Padang.

Bahwa adaptasi terhadap perubahan dan senantiasa melakukan ide-ide pembaharuan telah menjadi komitmen bersama bagi seluruh ASN Pemko Padang. Dan bagian terpenting adalah upaya bersama melembagakan setiap perubahan tersebut.

“Alhamdulillah, Ramadhan tahun ini kembali membawa keberkahan buat Kota Padang. Dimana kita menerima penghargaan SAKIP dan RB Award 2021 dari Menpan-RB. Kota Padang mendapatkan predikat BB penilaian SAKIP dan RB,” ungkap Wako.

Wako Hendri Septa menambahkan, penghargaan ini juga sebagai bukti bagi Pemerintah Kota Padang dalam mendukung kebijakan Presiden Republik Indonesia untuk implementasi reformasi birokrasi.

“Untuk itu kami ucapkan terima kasih kepada Tim SAKIP dan RB Pemerintah Kota Padang beserata seluruh perangkat daerah Kota Padang. Kita berharap tahun 2023 nanti SAKIP dan RB kita mendapatkan nilai A,” pungkas Wako Hendri Septa optimis.

Sementara itu, Kabag Organisasi Sekdako Padang Swesti Fanloni mengatakan, SAKIP dan RB AWARD 2021 ini dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada instansi pemerintah yang telah mampu membawa perubahan dan inovasi dalam tata kelola pemerintahan.

“Alhamdulillah, tahun ini kita kembali mempertahan nilai Predikat SAKIP untuk Kota Padang. Untuk RB kita naik kelas dari tahun sebelumnya yang nilai B, tahun ini BB. Indeks RB yang mengalami peningkatan tentunya dipengaruhi oleh komponen pengukuran seperti indeks pelayanan publik, laporan keuangan, predikat SAKIP dan survei penilaian integritas,” sebutnya. ADV