Disporapar Gelar Festival PDIKM

Padang Panjang, investigasi.news – Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) akan menggelar Festival PDIKM. Kegiatan yang baru pertama kali diselenggarakan ini, bakal berlangsung hingga Selasa (29/3) di Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM) Kota Padang Panjang.

Kasi Ekonomi Kreatif Disporapar, Dessy Via Chardena, S.Kom kepada Kominfo, Ahad (27/3), menyampaikan, kegiatan ini selain untuk menyambut bulan suci Ramadhan 1443 H, juga mempromosikan dan menarik wisatawan untuk mengunjungi PDIKM.

Pihaknya memilih anak TK/RA untuk memeriahkan festival ini. Karena selama ini yang banyak mengunjungi PDIKM adalah anak-anak TK/RA dari berbagai daerah.

“Insyaa Allah nanti anak TK/RA ini hadir sekitar 1.000 orang dan dibagi dalam dua sesi, yaitu Senin dan Selasa. Konsep acara ini tidak lomba, hanya untuk mempromosikan PDIKM saja,” katanya.

Dikatakan Dessy, di Festival PDIKM ini akan ada permainan tradisional yang telah dipersiapkan. Seperti congklak, engrang, tapak kuda, lato-lato, lore, ular tangga, putar-putar ban dan lainnya.

“Perlu diketahui, permainan ini langsung dibuat dan akan jadi fasilitas PDIKM ke depan. Akan menjadi tempat bermain bagi anak-anak yang mengunjungi PDIKM,” ungkapnya.

Selain itu, di Festival PDIKM juga akan ada kegiatan mendongeng oleh Niki Martoyo. Serta akan ada kios ekraf PDIKM, stand kuliner dan musik.

“Untuk warga Padang Panjang, mari sama-sama kita meriahkan kegiatan ini,” ajaknya. (Km)