Gelar Pelatihan Desain Majalah, Ponpes Kauman Muhammadiyah Gandeng Kominfo Padang Panjang

More articles

spot_img

Padang Panjang, Investigasi.news – Pondok Pesantren (Pontren) Kauman Muhammadiyah menggelar pelatihan desain majalah dengan mendatangkan narasumber dari Dinas Komunikasi dan lnformatika (Kominfo) Kota Padang Panjang, Sabtu (11/6).

Kegiatan ini diikuti sebanyak 20 santri yang tergabung dalam dewan redaksi Majalah Cerdas milik pontren yang terletak di Jalan Datuak Sinaro Panjang di Kelurahan Tanah Pak Lambik, Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT) itu.

Mudir Pontren, Dr. Derliana, MA menyampaikan kegiatan ini menjadi salah satu program dewan redaksi majalah yang baru saja menerbitkan edisi kedua.

“Kemarin kita baru saja menerbitkan majalah edisi kedua, sekarang segala bentuk kekurangan edisi kedua tentu kita perbaiki di edisi berikutnya,” ujarnya.

Selanjutnya, Derliana mengucapkan terima kasih kepada Kominfo yang selalu mendukung program pontren mengembangkan gerakan literasinya.

“Terima kasih kepada Kominfo yang selalu mendukung program-program pontren melalui pemberitaan. Pun demikian dengan program gerakan literasi pontren. Semoga kerja sama ini tetap berjalan dengan baik,” harapnya.

Doktor bidang pendidikan ini berharap, kegiatan ini mampu melatih santri agar mempunyai pengetahuan tentang desain majalah. Kemudian, santri mempunyai kemampuan menulis, baik di media cetak maupun di media sosial.

Dikatakannya lagi, desain majalah yang dihasilkan pada saat pelatihan ini akan dicetak pada semester ganjil depan.

Sementara itu, Pranata Humas Kominfo, Budiono, SST yang merupakan pemateri pada pelatihan ini,
mengapresiasi program kerja dewan redaksi Majalah Cerdas.

“Pelatihan yang dijadikan wujud pelaksanaan literasi di sekolah ini, sudah berjalan dengan baik. Harapannya kerja sama seperti ini tetap berjalan di tahun-tahun berikutnya agar tujuan pontren melahirkan santri preneurship lewat media bisa diraih,” tuturnya.

Dirinya berharap, akan lahir jurnalis-jurnalis hebat dan produktif dari kalangan santri Muhammadiyah. Lantaran, kebutuhan penyebaran informasi telah memasuki era konvergensi media. Para santri hendaknya terus mengembangkan ketrampilan dan keahlian,meliputi kemampuan menulis, fotografi, dan audio visual. (Km/mc)

spot_img

Latest

spot_img