Ketua LKAAM Apresiasi Pacu Kuda Alek Anak Nagari Pabasko di Padang Panjang

Padang Panjang, Investigasi.news – Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM), Dr. Fauzi Bahar, M.Si Datuak Nan Sati mengapresiasi Pacu Kuda Alek Anak Nagari Padang Panjang, Batipuah, X Koto (Pabasko) di Gelanggang Pacuan Bancalaweh, Ahad (26/6).

“Sebagai kota wisata, Padang Panjang sangat luar biasa sekali dengan menggratiskan kegiatan ini. Masuk gratis maupun UMKM yang akan berjualan juga tidak dipungut biaya apapun. Jadi anak kamanakan kami bebas untuk berjualan di sini. Ini sangat luar biasa sekali,” ujarnya.

Dengan menggratiskan UMKM untuk berjualan saat acara besar seperti ini, katanya, akan membangkitkan ekonomi bagi UMKM-UMKM.

“Ini sangat luar biasa sekali perhatian Wali Kota terhadap masyarakatnya. Setelah lebih dua tahun ditutup karena pandemi Covid-19, hari ini masyarakat dihibur dengan adanya kegiatan yang luar biasa ini,” tuturnya lagi.

Ia juga mengatakan, dengan mengundang niniak mamak, alek ini memang tidak bisa terpisahkan dengan niniak mamak dari zaman dahulunya. (Km/mc)