Pawai Alegoris di Padang Panjang Hiasi Jalan Utama Jadi Berwarna

Padang Panjang, Investigasi.news – Kemeriahan perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-77 di Kota Padang Panjang belum usai, kendati 17 Agustus baru saja lewat. Serangkaian acara masih terus digelar hingga hari ini, Kamis (18/8).

Salah satu kegiatan yang mencuri perhatian masyarakat adalah pawai alegoris yang diikuti berbagai elemen masyarakat. Mulai dari anak sekolah, organisasi masyarakat (ormas), organisasi perangkat daerah (OPD) hingga perkumpulan paguyuban yang ada di Kota Serambi Mekkah ini.

Dengan adanya pawai ini, sontak jalan-jalan protokol di Kota Padang Panjang berubah menjadi panggung show yang berwarna-warni.

Setiap peserta tampak tampil kreatif dengan beraneka tema menarik yang siap menghibur warga kota mulai pagi hingga menjelang siang.

Para peserta yang start dari Lapangan Kantin dengan pakaian serta wajah yang telah didandani, menyusuri rute yang telah ditentukan.

Di sepanjang jalur yang dilewati, peserta pawai telah ditunggu kerumunan warga yang berkumpul untuk menyaksikan pawai tersebut. Terkhusus pada panggung kehormatan yang berada di depan Kantor BRI Cabang Padang Panjang.

Antusiasme warga terlihat dari jumlah penonton yang berkumpul di sepanjang jalan yang dilalui rute pawai. Warna-warni kendaraan yang telah dihias, plus para peserta yang juga memakai kostum selaras dengan tema yang diusung, membuat suasana jalanan di Kota Padang Panjang makin tampak meriah.

Beberapa rombongan menerapkan tema-tema yang sangat kreatif. Ada yang menggunakan pakaian tradisional, hingga kostum-kostum unik dan menarik. Secara keseluruhan para peserta telah berhasil menerapkan ide-ide kreatif dalam menghias kendaraan dan merancang kostum.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano yang hadir menyaksikan rangkaian acara tersebut mengatakan, ini adalah salah satu bukti kemeriahan pesta Hari Kemerdekaan di Kota Padang Panjang.

“Alhamdulillah, setelah dua tahun vakum, kini kita dapat kembali menyaksikan pawai seperti ini, di jalanan Kota Padang Panjang. Ini adalah acara yang meriah dan tampak animo masyarakat yang hadir ini sangat luar biasa. Para UMKM juga laris manis. Ini adalah berkah untuk kita semua,” ujar wali kota muda itu.

Dari catatan yang didapat Kominfo, sebanyak 4.584 lebih peserta ikut andil dalam meramaikan Pawai Alegoris HUT RI ke-77 ini. Di dalam barisan juga terdapat beberapa barisan kendaraan hias roda empat berjumlah 31 unit dan kendaraan hias roda dua sebanyak 52 unit. (Km/mc)