PKK Ngalau Kecamatan Padang Panjang Timur Dinilai Tim Penilai Lomba Gerakan PKK Tingkat Provinsi

Padang Panjang, investigasi.news – PKK Kelurahan Ngalau, Kecamatan Padang Panjang Timur, dinilai Tim Penilai Lomba Gerakan PKK Tingkat Provinsi Sumatera Barat, Jumat (3/6). Kegiatan pembukaan berlangsung di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota dan dilanjutkan dengan kunjungan lapangan.

Rombongan Tim Penilai yang diketuai Wakil Ketua TP-PKK Sumbar, dr. Fitria Amalia Umar Audy Joinaldy, Sp.KK, M.Kes itu, disambut Wakil Wali Kota, Drs. Asrul, Asisten III Setdako, Martoni, S.Sos, M.Si, Ketua TP-PKK Kota, dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp.JP, Wakil Ketua I dan II TP-PKK Kota, Nova Era Yhanty Asrul dan Sri Hidayani Sonny Budaya Putra, kepala OPD dan undangan lainnya.

Pada kesempatan itu, Dokter Fitria menyampaikan, penilaian ini merupakan evaluasi terhadap gerakan PKK yang ada di setiap daerah. Sekaligus memberikan pembinaan langsung oleh tim penilai provinsi kepada pengurus PKK kota, kecamatan dan kelurahan.

Ada lima kategori yang akan dinilai dalam Lomba Gerakan PKK Provinsi ini. Di antaranya Lomba Tertib Administrasi PKK, Lomba Pola Asuh Anak dan Remaja (Pokja I), Lomba Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga atau UP2K PKK (Pokja II), Lomba Aku Hatinya PKK (Pokja III) dan Lomba PHBS Plus (Pokja IV).

“Kelimanya dinilai tim. Tunjukkanlah kepada juri kalau Padang Panjang bisa jadi yang terbaik,” sebutnya.

Sementara itu Wawako Asrul menyampaikan, perlombaan ini tidak hanya sekadar ajang perlombaan, melainkan juga ajang untuk mempererat tali silaturahmi. Selain itu perlombaan ini juga untuk melihat sejauh mana PKK sudah menjalankan 10 program pokoknya.

Ditambahkan Asrul, perlombaan ini juga bisa untuk mengukur dan meningkatkan kekompakan kader dalam menjalankan program pokok PKK.

“Saya berharap Kelurahan Ngalau bisa memberikan hasil yang terbaik, dan menjadi juara,” ujarnya.

Sedangkan Dokter Dian mengatakan, Gerakan PKK adalah suatu gerakan pembangunan masyarakat yang berasal dari, untuk dan oleh masyarakat. Tujuannya untuk menciptakan keluarga yang bertaqwa, keluarga yang mempunyai akhlak mulia dan berbudi luhur, keluarga yang sehat sejahtera, maju, mandiri. Dan, keluarga yang memiliki kesetaraan dan keadilan gender, serta kesadaran hukum dan lingkungan.

Hingga saat ini, katanya, kader PKK Kota Padang Panjang selalu giat menjalankan 10 program pokok PKK. Salah satunya mencegah stunting.

“Alhamdulillah, dalam menjalankan perannya, kader PKK kami tetap gigih dan terus meningkatkan inovasi dalam menjalankan program PKK. Saat ini Kelurahan Ngalau menjadi pilihan kami untuk dinilai, semoga bisa jadi yang terbaik nantinya,” harap Dian.

Dengan diadakannya lomba ini, tambahnya, tentu akan memberikan penghargaan dan juga pengakuan terhadap kadar-kader PKK, serta juga akan meningkatkan dan memotivasi kader untuk mewujudkan inovasi yang lebih banyak lagi dalam program PKK. (Km/mc)