Sekdako Padang Panjang Ungkap Bahwa Peningkatan Kapasitas SDM Perencana Daerah Merupakan Keharusan

Padang, Investigasi.news – Peningkatan kapasitas sumberdaya manusia (SDM) Perencana Daerah merupakan keharusan agar kualitas perencanaan menjadi lebih baik. Demikian disampaikan Sekdako, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si saat menjadi narasumber dalam Bimtek dan Workshop Penyusunan dan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Padang Panjang, Kamis (19/5) di Hotel Mercure Padang. Dalam kegiatan tersebut, Sekdako Sonny memaparkan materi pembahasan Revitalisasi Peran SDM Perencana dalam Penyusanan Perencanaan Daerah.

Sesuai dengan materi yang disampaikan, ia menjelaskan revitalisasi peran SDM perencana merupakan proses, cara, perbuatan menghidupkan meningkatkan kembali peran SDM Perencana Daerah. “Salah-satu metode yang tetap untuk peningkatan SDM ini adalah dengan pelaksanaan pendidikan nonformal (bimtek dan workshop) secara berkelanjutan,” sebutnya.

Selain itu, ada beberapa tantangan dalam perencanaan daerah. Di antaranya, perubahan regulasi yang dapat mengubah struktur dan metode dalam merencanakan sesuatu. Seperti pandemi atau kejadian yang tidak diinginkan yang dapat menyebabkan perubahan dalam cara mencapai tujuan. Lalu, peningkatan kompetensi SDM perencana, di tengah menipisnya anggaran Pemerintah Daerah diiringi perubahan regulasi, maka kebutuhan terhadap peningkatan kapasitas dan kompetensi SDM menjadi suatu keharusan.

Lebih lanjut Sonny mengatakan, revitalisasi peran SDM Perencana Daerah dalam penyusunan perencanaan daerah bertujuan untuk menekankan kembali kepada mereka untuk selalu memperbaharui pemahaman dan metode dalam penyusunan perencanaan daerah. Dalam kegiatan ini juga diisi dengan pembahasan materi Evaluasi Perencanaan Pembangunan Daerah oleh Kepala Bappeda, Rusdianto, S.IP, M.M. Materi RPJMD, Renstra, Renja, dan RKPD oleh Ditjen Bina Bangda Kemendagri, Drs. Bob RF Sagala, M.Si. (km/Mc)