Simpati Ramadhan, TP-PKK Padang Panjang dan TP-PKK Provinsi

Padang Panjang, Investigasi.news – Ketua TP-PKK Kota Padang Panjang, dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp.JP dan jajaran mengikuti Simpati Ramadhan, Silaturrahim Menata Hati Meraih Ridho Illahi yang digelar TP-PKK dan Limpapeh Rumah nan Gadang Provinsi Sumatera Barat, secara virtual. Dokter Dian mengikuti kegiatan ini di Rumah Dinas Wali Kota, Rabu (13/4).

Ketua TP PKK Sumbar, Hj. Harneli Bahar Mahyeldi yang berada di Padang saat Zoom Meeting mengatakan, kegiatan Simpati Ramadan ini digelar untuk memperdalam ilmu dan beribadah di 10 malam pertama bulan suci Ramadan.

“Kegiatan ini kita lakukan di 10 malam pertama Ramadan, semoga kita bisa menjalankan 10 malam kedua dan ketiga berikutnya lebih baik dan lancar lagi ibadah kita,” ujarnya.

Kegiatan yang diikuti TP-PKK se-Sumbar ini mendatangkan narasumber dr. Muhammad Riendra, Sp.BTKV (K)-VE yang merupakan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Padang dan juga Bendahara IKADI Sumbar.

Dalam paparannya ia menjelaskan, delapan manfaat puasa bagi kesehatan. Di antaranya meningkatkan kontrol gula darah, membantu mengurangi tingkat peradangan, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan fungsi otak, membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan metabolisme, meningkatkan sekresi hormon pertumbuhan, mencegah tanda penuaan, serta mencegah kanker dan meningkatkan efektivitas kemoterapi.

“Beberapa penelitian menemukan bahwa rutin berpuasa, banyak manfaat kesehatan yang didapatkan. Seperti, dapat meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan risiko penyakit jantung koroner, dan dapat membantu menurunkan tekanan darah, trigliseria dan kadar kolesterol,” jelasnya. (Km)