Sukseskan Pelaksanaan Ibadah Haji, Kemenag Padang Panjang Gelar FGD Pemberangkatan dan Pemulangan JCH

Padang Panjang, investigasi.news — Guna kesuksesan pelaksanaan ibadah Haji tahun 2022, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Padang Panjang adakan Focus Group Discussion (FGD) Pemberangkatan dan Pemulangan Jamaah Calon Haji (JCH) di Hotel Rangkayo Basa, Silaing Bawah, Kecamatan Padang Panjang Barat, Rabu (18/5).

FGD yang dipandu Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag, Endang Sriyani, S.Ag bersama Kabag Kesra Setdako, Erwina Agreni, M.Si ini, diikuti unsur pimpinan Forkopimda Kota Padang Panjang, pimpinan bank persepsi, pimpinan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) serta beberapa OPD terkait di lingkungan Pemko.

Kepala Kantor Kemenag, Drs. Alizar Chan, M.Ag menyebutkan, pelaksanaan ibadah Haji tahun ini sesuai dengan Keputusan Menteri Agama (KMA) No 405 Tahun 2022. Adapun regulasi pelaksanaan ibadah Haji tak lepas dari aturan yang berlaku di Arab Saudi.

“Persoalan dibatasinya umur JCH yang berangkat merupakan ketentuan yang berlaku di Arab Saudi,” katanya.

Pihaknya berharap pelaksanaan ibadah Haji bagi JCH Kota Padang Panjang dapat terlaksana dengan sukses dan lancar.

“Mari kita siapkan separipurna mungkin persiapan pelaksanaan ibadah Haji ini untuk Kota Padang Panjang Bumi Serambi Mekkah. Mudah-mudahan sukses perencanaan, sukses pelaksanaan di lokasi, serta sukses penjemputan nantinya. Semoga semuanya dimudahkan Allah SWT,” harapnya.

Endang Sriyani dalam pemaparannya menyampaikan, total JCH Kota Padang Panjang ditambah cadangan berjumlah 44 orang untuk tahun ini. “Kita berharap kepada Allah semoga semuanya berangkat dan tidak ada kendala apapun,” ucapnya.

Dijelaskannya, sejauh ini semua tahapan persiapan keberangkatan JCH berjalan dengan baik dan lancar. “Ini tidak terlepas dari kerja sama semua pihak yang terlibat khususnya kolaborasi Kementerian Agama bersama Pemko Padang Panjang,” tuturnya.

Sementara itu, Erwina Agreni menyampaikan, untuk kesuksesan terkait persiapan fasilitasi JCH tahun ini, di antaranya manasik, pemberangkatan hingga pemulangan, butuh kerja sama semua pihak yang terlibat.

“Untuk pengiriman barang jamaah, kita juga kerja sama dengan PT. Pos Indonesia. Dengan kerja sama kita semua, kerja yang berat dan mulia ini, insyaa Allah bisa kita selesaikan,” ulasnya. (Km/mc)