Tim Dinkes Padang Panjang Dampingi JCH Hingga Naik Pesawat

Padang Panjang, Investigasi.news – Pastikan Jemaah Calon Haji (JCH) Kota Padang Panjang berangkat dengan aman dan sehat, Tim Dinas Kesehatan (Dinkes) dampingi para mereka hingga naik pesawat di Bandara Internasional Minangkabau. Rencananya JCH bertolak ke Arab Saudi, Sabtu (2/7). Adminkes Ahli Muda dinkes, Yulia Desmon, SKM, M.Cio kepada Kominfo, Jumat (1/7) menyampaikan, sejak JCH disambut petugas Ashep (Asrama Haji Embarkasi Padang) dan dikumpulkan di Aula Utama hingga diberi pengarahan dan identitas, sampai nanti naik pesawat, tim medis harus mendampinginya. Karena tim yang ada saat inilah yang akan bertanggung jawab jika ada hal buruk terjadi pada JCH Padang Panjang.

“Kami di sini memastikan JCH kita berangkat dengan kondisi yang sehat, tidak ada yang sakit. Nanti kita lepas saat Tim Kesehatan Pelabuhan sudah melakukan screening kesehatannya. Kita tidak ingin ada JCH kita yang bermasalah saat berangkat nanti,” sebutnya. Dikatakan Desmon, ada satu hal lagi yang harus diingat para JCH Padang Panjang, yaitu Kartu Kesehatan Jemaah Haji (KKJH). “KKJH ini tidak boleh hilang oleh JCH kita. Karena di sini tertera semua informasi kesehatan mereka. baik itu vaksinnya, kondisi kesehatannya dan sebagainya. Kalau hilang, JCH tersebut tidak bisa pergi maupun pulang nantinya. Jadi ini paling penting. Kami di sini memastikan KKJH ini ada dibawa jemaah kita dan ditandatangani Kantor Kesehatan Pelabuhan,” jelasnya.

Selain itu, tambahnya, tim juga membagikan daftar obat para JCH kepada Tim Kesehatan Pelabuhan. “Semoga para JCH kita pergi dan pulang dengan selamat dan tetap sehat walafiat,” tuturnya seraya mengatakan, tim berjumlah lima orang yang terdiri dari dokter, perawat, sopir ambulans dan dua staf Dinkes. Desmon juga menyampaikan untuk hasil PCR JCH Kota Padang Panjang sudah keluar dan semuanya negatif. (Km/Mc)