Wako Fadly Amran Lepas Bus “Mama Papa Mudik Gratis” Menunju Padang Panjang

Depok, Investigasi.news – Wali Kota, H. Fadly Amran BBA Datuak Paduko Malano melepas bus “Mama Papa (Mahasiswa-Mahasiswi Padang Panjang) Mudik Gratis”, Senin (25/4) malam, di Kampus Universitas Indonesia (UI), Depok.

“Dengan semua fasilitas yang ditanggung Pemko ini, mudah-mudahan dapat sedikit membantu mahasiswa kita dan selamat dalam perjalanan ke kampung halaman,” sebut Wako Fadly.

Program mudik gratis ini, jelasnya, sudah dimulai sejak tahun 2018 lalu. Namun sempat terhenti akibat pandemi Covid-19. “Alhamdulillah, tahun ini bisa kita lanjutkan lagi. Mudah-mudahan tetap berlanjut dimasa yang akan datang,” ungkapnya.

Tidak lupa, Fadly memberi atensi terhadap semua pihak, khususnya Dinas Perhubungan (Dishub) yang telah bekerja keras menyukseskan program ini.

Selain melepas secara resmi keberangkatan program mudik gratis ini, Fadly juga menggunakan kesempatan ini untuk saling bertukar pikiran serta menyampaikan beberapa program unggulan Pemko khususnya di bidang pendidikan kepada mahasiswa asal Padang Panjang ini.

Kepala Bidang Angkutan dan Perparkiran Dishub, Harry Rizka Perdana, S.IP, M.Si yang juga ikut mendampingi rombongan mudik gratis ini, kepada Kominfo menjelaskan, keberangkatan program mudik gratis bagi mahasiswa Padang Panjang yang diselenggarakan Pemko, sejauh ini berjalan lancar.

“Kita berangkat pukul 18.00 WIB tadi dari Kampus Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung. Alhamdulillah, sampai di titik kumpul kedua di Kampus UI Depok ini, kita telah ditunggu Pak Wali Kota yang akan melepas bersama sebagian peserta dari Jakarta dan sekitarnya yang akan bergabung menuju kampung halaman,” jelasnya.

Ditambahkannya, menggunakan bus eksekutif PO. NPM, program “Mama Papa Mudik Gratis” ini dikuti 40 mahasiswa sesuai dengan kuota.

“Sebagian berangkat dari Bandung dan lainnya menunggu di Kampus UI Depok ini. Kita bekerja sama dengan Ikatan Alumni Padang Panjang (IAPP) Bandung Raya dan IAPP Jabodetabek,” tambahnya.

Bobi Eka Putra, mahasiswa UI Jurusan fisika yang merupakan koordinator program ini untuk wilayah Jakarta menyampaikan harapannya, agar program Pemko Padang Panjang ini sebagai pembuka jalan bagi kabupaten/kota lain di Sumatera Barat.

“Bahkan kalau bisa, ke depan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang menyelengarakannya. Semoga program Mama Papa Mudik Gratis ini berkelanjutan dimasa yang akan datang. Dan, ada pula program serupa untuk balik kembali (Bandung dan Jakarta-red),” harapnya.

Ditambahkanya, program dari Dishub ini sangat membantu sekali bagi mahasiswa. “Kita bersyukur bisa dilepas Wali Kota. Difasilitasi mudik, berkumpul dengan keluarga di Padang Panjang,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan Rean. Ketua IAPP yang merupakan mahasiswa Unpad Jurusan Geofisika ini mengapresiasi Pemko yang telah memfasilitasi mudik gratis ini.

Dikatakannya, selain memastikan diri mendapatkan armada untuk mudik, kegiatan mudik gratis ini juga dapat menghemat biaya pengeluaran, khususnya dari sisi biaya transportasi.

“Alhamdulillah, ada program Pemko, mudik gratis seperti ini. Jadi terbantu sekali kita untuk mudik,” pungkasnya. (KM)