Wako Padang Panjang Fadly Amran Imbau Owner Homestay Manfaatkan Event untuk Tingkatkan Pengunjung

Padang Panjang, Investigasi.news – Wali Kota, Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano mengimbau kepada pemilik homestay/pondok wisata agar memanfaatkan event-event yang digelar di Kota Padang Panjang untuk meningkatkan pengunjung.

Hal tersebut dikatakannya saat menjadi narasumber pada kegiatan Pelatihan Pengelolaan Homestay/Pondok Wisata yang digelar Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), di Aula Hotel Pangeran, Selasa (7/6).

“Beberapa waktu mendatang akan banyak event yang digelar di Kota Panjang Panjang. Mari manfaatkan momen ini untuk meningkatkan perekonomian pada sektor pariwisata khususnya bagi pemilik homestay dengan momentum ini,” ujarnya.

Dikatakan Fadly, sebelum berbagai event itu digelar, para pemilik homestay diharapkan memanfaatkan waktu yang ada untuk berbenah. Tingkatkan kenyamanan homestay dan penginapan demi kenyamanan para tamu yang akan menginap.

“Selain membenahi lokasi homestay, jangan lupakan promosi. Karena promosi wisata merupakan kunci terpenting dalam memancing calon pengunjung untuk mau menikmati fasilitas wisata kita, termasuk homestay,” ucapnya lagi.

Pelatihan kali ini merupakan kegiatan kedua dari enam kegiatan Pelatihan Pariwisata yang didanai Pemerintah Pusat. Diikuti sebanyak 40 orang yang merupakan bagian dari open recruitment yang dilakukan secara online dan offline.

“Tujuan kita menyaring sebanyak-banyaknya masyarakat yang memiliki minat dan sumberdaya untuk membuka usaha namun belum paham bagaimana cara memulai serta mengelola sebuah homestay yang benar,” ucap Kepala Disporapar, Drs. Maiharman.

Pelatihan ini digelar selama tiga hari, hingga Kamis (9/6). Pada hari ketiga peserta akan melakukan kunjungan lapangan ke Sawahlunto dengan pendampingan langsung dari Ketua Asosiasi Homestay Sumatera Barat. Dengan pemateri terdiri dari akademisi, praktisi dan juga pelaku usaha homestay yang sudah berhasil di Sumbar.

Ikut hadir Kepala Bidang Pariwisata Disporapar, Reynol Oktavian, MTI, serta undangan lainnya. (km/Mc)