Wawako Padang Panjang Asrul Pimpin Upacara Harkitnas ke-114 di Balai Kota

Padang Panjang, Investigasi.news — Digelar di halaman Balai Kota, Jumat (20/5), upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 tahun 2022 dipimpin Wakil Wali Kota, Drs. Asrul selaku Inspektur Upacara. Adapun sebagai komandan upacara yang diikuti unsur pimpinan Forkopimda, ASN, TNI, Polri, pelajar SMP dan SMA ini, adalah Danki 1 Batalyon B Pelopor Satbrimob, AKP Dasrinal, M.H. Sambutan menteri Komunikasi dan Informatika yang dibacakan Wawako Asrul dengan tema “Ayo Bangkit Bersama”, disebutkan tema ini dipilih agar Harkitnas ini dapat menjadi momentum untuk bersama-sama mengobarkan semangat bangkit dari pandemi Covid-19 yang telah lebih dari dua tahun menyerang dan turut berefek disegala sendi kehidupan.

Momentum yang baik ini makin diperkuat dengan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022. Pada Presidensi G20 tahun ini, Indonesia mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”, dengan tujuan dapat memberikan spirit baru dalam mewujudkan tatanan dunia yang dapat memberikan kesejahteraan dan kemakmuran yang inklusif, serta menjamin keberlanjutan kehidupan dimasa depan. Pertemuan G20 yang dipimpin Indonesia tahun ini, mengusung tiga isu prioritas, yaitu Arsitektur Kesehatan Global yang Inklusif, Transformasi Berbasis Digital dan Transisi Energi Berkelanjutan.

Tema dan isu prioritas G20 yang diangkat Indonesia, merupakan cerminan dari semangat kebangkitan yang dirayakan pada hari ini, yakni di tengah keterpurukan akibat pandemi Covid-19, tidak pernah meluruhkan cita kita untuk pulih bersama dan bangkit lebih kuat. Indonesia terus mendorong negara-negara anggota G20 untuk melakukan aksi-aksi nyata dan siap berkolaborasi serta menggalang kekuatan sehingga masyarakat dunia dan kemanusiaan dapat merasakan dampak nyata dari kerja sama ini.

Di tengah momentum penanganan nasional Covid-19 yang makin membaik dan Presidensi G20 Indonesia, hendaknya dapat memaknai semangat pantang menyerah Dr. Sutomo untuk memperingati Harkitnas tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi Covid-19, juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia. “Dari Indonesia, Dunia Pulih Bersama. Ayo Bangkit Lebih Kuat,” ajaknya. (Km)