Antisipasi Wabah PMK, Polres Pasaman Bentuk Posko Pengawasan

Pasaman,Investigasi.news-Untuk antisipasi tidak meluasnya wabah PMK, Polres Pasaman akan Membentuk Posko Pengawasan Lalu Lintas hewan ternak di perbatasan yg akan ditempatkan di Muaro Cibadak,Rao.Bonjol dan Tigo Nagari. Yang akan melibatkan Dinas Pertanian dan Peternakan, TNI dan Polri.Hal ini dikatakan Ka Polres Pasaman AKBP DR. Fahmi Reza Sik.SH. Pada Awk Media, Selasa (24/5/2022).

Kapolres juga menjelaskan hasil Rapat dan Koordinasi kegiatan ini antar instansi dalam rangka penanganan wabah PMK terhadap hewan ternak di Kab. Pasaman, berdasarkan keterangan dari Shandi Maha Putra
Dengan adanya laporan suspect PMK terhadap hewan ternak sapi di Kecamatan Tigo Nagari, hari ini akan dilakukan pengambilan sampel secara Swab terhadap hewan ternak suspect kemudian Hasil pemeriksaan Laboratorium Veteriner akan dirilis dalam waktu 1×24 Jam.

Kemudian Wabah PMK tidak bersifat _zoonosis_ atau tidak menular ke manusia.
Serta Balai Veteriner merekomendasikan utk dilakukan pengawasan lalu lintas hewan ternak seperti sapi, kambing, domba, babi.ujar ‘Kapolres.

Sementara itu Pemkab. Pasaman melalui Dinas Pertanian dan Peternakan dalam waktu secepatnya akan mengajukan kepada Bupati Pasaman utk pembentukan Satuan Gugus Tugas Penanganan dan Pengendalian Wabah PMK di Kab. Pasaman.

Kapolres Juga Menjelaskan Perkiraan sementara, komposisi petugas yg ada dalam Gugus Tugas terdiri dari unsur Pemda (Dinas Peternakan), Polri dan TNI.

Kemudian Biaya yg ditimbulkan dalam kegiatan akan diajukan kepada Bupati Pasaman melalui anggaran Dinas Pertanian dan Peternakan.

Ditambahkan Lagi terhadap petugas Unit Reaksi Cepat (URC) Dinas Peternakan dan Polri khususnya Bhabinkamtibmas, akan diberikan pembekalan atau pelatihan terkait dengan wabah PMK dan leading sector kegiatan pembekalan dan pelatihan adalah Dinas Pertanian dan Peternakan.

Untuk antisipasi tidak meluasnya wabah PMK, akan dibentuk Posko Pengawasan Lalu Lintas hewan ternak di perbatasan yg melibatkan Dinas Pertanian dan Peternakan, TNI dan Polri.
Rencananya akan ditempatkan di Muaro Cubadak Rao, Bonjol dan Tigo Nagari.

Juga akan dilakukan Edukasi berbentuk publikasi kepada masyarakat terkait wabah PMK.

Hadir dalam kegiatan Koordinasi :tersebut diantaranya.
Sekda Kabupaten Pasaman. Drs. Mara ondak.
Kabag Ops Res Pasaman, AKP Budi Hendra, S.H.
Kasi Humas Res Pasaman, Kompol Zulkifli.
Kasubagdal Bag Ops, Iptu Jimi Harianto.
d. Kabid Peternakan Kab. Pasaman, drh. Listiyanto.
Petugas Balai Veteriner Regional Wilayah II Bukittinggi, drh. Shandi Maha Putra, Medik Veteriner.
Lora Wahyuni, Paramedik Veteriner.
Kapolsek Tigo Nagari, Iptu Syafrizal.(RIS)