Bupati Pasaman Tinjau Tradisi Balimau Batang Asik Pada H -1 Ramadhan

Pasaman, Investigasi.news – Bupati Pasaman H.Benny Utama bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pasaman tinjau pelaksanaan tradisi balimau yang digelar masyarakat di Sungai Batang Asik, Nagari Lubuk Layang, Kecamatan Rao Selatan, Sabtu (2/4).

Kesempatan tersebut dimanfaatkan Bupati Benny Utama untuk berdialog dengan warga masyarakat, dan menyampaikan himbauan untuk tetap patuh menggunakan masker di tempat-tempat keramaian.

Menurut Bupati Benny Utama, Balimau adalah sebuah upacara tradisional yang istimewa bagi masyarakat Minangkabau, dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Acara ini biasanya dilaksanakan sekali setahun, sehari menjelang masuknya bulan puasa.

“Tradisi balimau ini juga sebagai ungkapan rasa syukur dan kegembiraan memasuki bulan penyucian diri,” jelas bupati.

Menurutnya, balimau biasanya dilakukan di rumah-rumah pada sore hari menjelang pelaksanaan shalat tarawih pertama di Bulan Ramadhan.

“Namun sekarang tradisi balinau sedikit bergeser, banyak dilakukan masyarakat terutama yang masih remaja dan anak-anak, di sungai tempat rekreasi dan di tempat pemandian umum lainnya.

Kapolres Pasaman, AKBP Fahmi Reza saat peninjauan acara balimau di Batang Asik, menyatakan tidak ada larangan bagi masyarakat untuk melaksanakan acara balimau.

“Kegiatan masyarakat berjalan seperti biasa, yang terpenting adalah tetap menerapkan protokol kesehatan karena saat ini masih dalam pandemi Covid-19,” kata Kapolres Pasaman.

Turut hadir mendampingi Bupati pada kesempatan tersebut , Kapolres Pasaman AKBP Fahmi Reza, Kasdim 0305 Pasaman Mayor Inf. Supadi, dan sejumlah kepala OPD, serta beberapa orang tokoh masyarakat setempat. Ris/Bud