Pelukan Audy Joinaldy, Lansia PSTW Batusangkar Menangis Berurai Air Mata

TANAHDATAR, investigasi.news-Jelang waktu buka puasa Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Audy Joinaldy mengunakan waktunya untuk berkunjung ke Panti Sosial Tresna Werdha Kasih Sayang Ibu Batusangkar di Nagari Cubadak Kec. Lima Kaum Kab. Tanah Datar, Rabu (20/4/2022).

Panti sosial Tresna Werdha Kasih Sayang Ibu Batusangkar merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) di lingkungan Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat yang mempunyai tugas pokok memberikan pelayanan kesejahteraan sosial kepada lanjut usia terlantar didalam panti berupa pelayanan dan perawatan, baik jasmani maupun rohani agar para lanjut usia dapat hidup secara wajar.

Dalam kunjungannya, Audy Joinaldy melihat langsung dan sempat berbincang-bincang para penghuni Panti Sosial Tresna Werdha Kasih Sayang Ibu (PSTW – KSI) dan mendengarkan keluhan.

“Saya merasa sedih, dimana saat ini kita semua sedang berkumpul dengan keluarga, mereka tidak merasakan kesempatan dalam kehangatan keluarga,” kata Audy haru.

Pada kesempatan itu, Audy pun sempat memeluk para Lansia (lanjut usia) dan menghibur mereka dengan melempar candaan agar tetap semangat. Sehingga suasana menjadi ceria. Dan para lansia pun tertawa melihatkan gigi yang tidak utuh lagi.

“Mereka-mereka yang di sini adalah orangtua kita juga yang tidak bisa berkumpul bersama keluarganya,” tuturnya.

Mendengar candaan itu, salah satu penghuni panti, Angku Itam (80) sempat meneteskan air mata mengucapkan terima kasih telah menghiburnya, teringat akan anaknya selalu bercanda disaat sepi.

“Takana jo anak apak jadinyo, anak apak tu pagarah lo. Terima kasih, pak,” tangis Angku.

Selanjutnya Wagub Sumbar melihat setiap ruangan untuk memastikan bahwa seluruh warga binaan terlayani dan terfasilitasi dengan baik.

“Alhamdulillah, PSTW Kasih Sayang Ibu menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya di dalam merawat dan membina para Lansia. Semua kondisi mereka terawat dengan baik dan terlayani dengan baik,” terangnya.

Wagub Sumbar memberikan apresiasi PSTW Kasih Sayang Ibu Batusangkar semua pelayanan terselenggara dengan baik. Terlihat dari wajah para Lansia tersebut berbagia saat dikunjungi oleh Wagub Sumbar.

“Pelayanan terbaik memperlihatkan, bagaimana kita santun dan hormat kepada orangtua kita, sehingga mereka merasa bahagia, tenang, dan membuat mereka seakan berada di lingkungan keluarga sendiri,” lanjutnya.

Selain itu, Audy juga memastikan mereka dalam kondisi sehat. Terlebih, para lansia merupakan kelompok rentan dalam penularan covid-19. Dia juga memastikan kebutuhan para penghuni panti tercukupi.

“Tolong titip jaga kesehatan mereka. Para orangtua ini sangat rentan tertular wabah covid-19, usia lanjut itu lebih beresiko terkena,” imbuhnya.

Selanjutnya, Kepala Panti sosial Tresna Werdha Kasih Sayang Ibu Batusangkar Supandi mengatakan, sangat senang di kunjungi Wagub Sumbar yang sebelumnya belum ada yang mengunjungi PSTW Kasih Sayang Ibu.

Menurutnya, PSTW Kasih Sayang Ibu membatasi kunjungan. Siapa saja yang mengunjungi harus mematuhi protokol kesehatan.

“Alhamdulillah, sampai saat ini tidak ada satupun yang terpapar Covid-19,” tukas Supardi.

“Kepedulian Wagub Sumbar tidak diragukan lagi. Kita sudah banyak mendengar, buktinya hari ini di bulan Ramadhan Pak Audy berkenan hadir mengunjungi kami,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Supandi juga berharap pemprov Sumbar dapat menambah pengadaan kendaraan operasional, karena yang ada hanya dua unit.

“Satu kendaraan ambulance dan satu unit lainnya sudah tua dan sering rusak. Kita berharap dapat terealisasi tahun ini,” pintanya. (nov)

Dinas Kominfotik Sumbar