Resmikan Pasar Kuliner, Wagub Sumbar Apresiasi Pemuda Jorong Subarang Cipatakan Ide Kreatif.

Tanah Datar,investigasi.news-Usai melaunching Pekan Imunisasi Dunia (PID), mengunjungi layanan Samsat Batu Sangkar, termasuk juga panti asuhan tresna werda kasih sayang ibu di Kabupaten Tanah Datar. Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy menyempatkan diri meresmikan pasar kuliner di Depan Masjid Lillah Jorong Subarang, Nagari Batipuh Ateh, Tanah Datar, Rabu (20/4/2022).

Pada saat itu, Wakil Gubernur Audy Joinaldy mengapresiasi masyarakat Jorong Subarang, khususnya Nagari Batipuh Ateh telah melahirkan ide-ide kreatifitas khususnya pemuda/pemudi dalam membangun pasar kuliner.

“Ketika pemuda melakukan pergerakan seperti ini ekonomi jorong dan nagari insyaAllah berkembang,” kata Audy.

Menurutnya Batipuh merupakan salah satu nagari yang cukup terkenal terutama di Batipuh Ateh maupun Batipuh secara keseluruhan di kabupaten tanah datar. Ada beberapa contoh di nagari itu dan beberapa desawisata rata-rata dilahirkan oleh kaum milenial yang menggerakkan UMKM, menggerakkan ekonomi dan perdagangan kecil.

“Termasuk juga Nagari Pariangan cukup terkenal disalah satu majalah Travel Budget terbitan New York yang menyandangkan predikat desa terindah di dunia yang terletak di kaki gunung merapi kabupaten Tanah Datar ini, ternyata menjadi terindah di dunia,” sebut Audy.

Sementara itu, Randa selaku Ketua Pemuda di Jorong Subarang menyebutkan ide ini awalnya lahir dari melihat masjid Lillah sangat banyak sekali dikunjungi orang setiap waktu sholat.

“Maka timbul ide ide kreatif dari kawan-kawan pemuda membuat suatu wadah membangun salah satu bentuk pasar kuliner. Kami berharap dengan diresmikan oleh pak wagub pasar ini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat jorong khususnya, nagari umumnya,” harapnya.

Terakhir Randa juga menambahkan beberapa ide kreatif yang diciptakan oleh masyarakat menciptakan kain sarung batik tulis yang merupakan karya dari pemuda masyarakat Subarang dalam bentuk UMKM berusaha berdedikasi di nagari, dan pedagang beragam makanan yang di jual di pasar ini.

“Besar harapan kami kepada Pak wagub beserta tim safari ramadhan dari provinsi untuk dapat mewadahi beberapa UMKM yang ada di jorong subarang, nagari Batipuh Ateh khususnya,” pintanya.

Dinas Kominfotik Sumbar.