Pemilihan Ketua Umum IDI Sumbar Segera Digelar

Pemilihan Ketua Umum IDI Sumbar segera digelar, Inilah rekam Jejak 4 Kandidat Calon Ketua yang bakal bertarung di Arena Muswil.
Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Sumbar Akan menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) dalam rangka pemilihan Ketua IDI Sumbar untuk masa jabatan periode tahun 2022-2025, Pelaksanaan Muswil bakalan digelar pada hari Sabtu, 26 November 2022 di Kabupaten Tanah datar.

Panitia Muswil telah mengumumkan secara resmi empat kandidat Calon ketua yang akan bertarung memperebutkan jabatan Ketua umum yang merupakan wadah organisasi terbesar para dokter di Sumatera Barat tersebut, keempat Calon Ketua IDI Wilayah Sumbar yang telah lulus proses verifikasi berdasarkan abjad diantaranya adalah : dr. Aladin, Sp.OG, SubSp Obginsos (K),MPH, Dr. dr. Andani Eka putra, MSc, dr. Harefa, Sp.PD.KKV.FINASIM, dan Dr. dr. Roni Eka Sahputra, SpOT (K) Spine.

Inilah profile 4 Calon Ketua IDI Sumbar yang didapatkan dari beberapa Sumber.

1. dr. Aladin, Sp.OG, SubSp Obginsos (K),MPH

Dokter Aladin merupakan dokter kelahiran Medan, 13 Agustus 57 tahun yang silam, terkenal sebagai salah satu dokter senior bidang keahlian Obsetri Ginekologi di Sumatera Barat, kemampuan manajamen yang tidak diragukan lagi, beliau pernah menjadi Direktur Rumah Sakit Lubuk Basung dan Kepala Puskesmas di beberapa tempat.

Aladin juga dikenal dengan dokter yang hobi berorganisasi, beberapa catatan penting organisasi strategis yang pernah diembannya adalah sebagai Ketua IDI Cabang Agam periode tahun 2003-2006 dan Periode tahun 2006-2009, selama dua periode kepengurusan, dan juga pernah tercatat sebagai Wakil Ketua IDI Wilayah Sumatera Barat Tahun 2007-2010. selain itu, di dunia Profesi Spesialis Obgin Aladin juga pernah mengemban Amanah sebagai Ketua POGI Sumatera Barat pada periode tahun 2012-2015.

Selain sukses di Dunia Pekerjaan dan Organisasi, Aladin juga terkenal memiliki kemampuan di dunia Bisnis, kemampuan ini telah membuatnya menjadi salah satu pemilik Rumah Sakit Ibu dan Anak terbesar di Sumatera barat.

Hari ini, dokter Aladin adalah seorang staf pengajar dibagian Ostetri dan Ginekologi FK Universitas Andalas / RS M Djamil Padang.

2. Dr. dr. Andani Eka putra, MSc

Dokter Andani, Namanya melejit akibat kepiawaiannya Ketika berhasil menjadi salah satu Tokoh sentral penanganan dan Penanggulangan pandemic covid-19 di Indonesia, Andani merupakan putra asli pesisir selatan, yang lahir pada tanggal 15 Agustus 1972.

Ibarat komposisi ‘tata surya’ Andani saat ini dianggap seperti Bintang yang sedang bersinar terang, posisinya sebagai salah satu tokoh sentral penanganan covid-19 di Indonesia juga dianggap akan memudahkan komunikasi dengan Pemangku Kebijakan dan Pembuat regulasi Kesehatan di Indonesia.

Andani saat ini memiliki beberapa Amanah pekerjaan diantaranya adalah sebagai Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Komisaris PT. Kimia Farma Diagnostika, Tenaga Ahli Mentri Kesehatan Republik Indonesia, Riwayat pekerjaan sudah menjadi bukti bahwa Andani layak menjadi salah satu calon Ketua IDI Wilayah Sumatera Barat.

Untuk Pengalaman Organisasi, Andani Pernah memegang Amanah sebagai salah Pengurus IDI Wilayah Sumbar pada periode 2016-2019 dan Periode 2019-2022, dan saat ini juga tercatat sebagai Pengurus Besar (PB) Ikatan Dokter Indonesia yang sedang berjalan.

Penghargaan pernah didapatkan Andani dengan sepak terjangnya adalah sebagai tokoh Profesional Indonesia,dari I news tahun 2020, Penghargaan Gatra Award tahun 2020, dan Tokoh Inovatif Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tahun 2021.

3. dr. Harefa, Sp.PD.KKV.FINASIM

Harefa lahir di Lubuk Sikaping, Pasaman, 3 Januari 1973. Ia alumni Fakultas Kedokteran Universitas Andalas tahun 1997. Jenjang karirnya dimulai dari tahun 2002, ketika dipercaya sebagai Kepala Puskesmas Sungai Bengkal, Kabupaten Tebo, Jambi. Pada tahun 2004, ia pulang kampung ke Sumatra Barat (Sumbar), dan mengabdi di Puskesmas Singkarak, Kabupaten Solok sebagi Kepala Puskesmas.

Pada tahun 2010, Harefa berhasil menamatkan pendidikan Spesialis Penyakit Dalam di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, dan menjadi dokter spesialis penyakit dalam di RSUD M. Zein Painan. Tahun 2020, dr. Harefa berhasil menamatkan Studi Spesialis Tingkat 2 di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, di tahun 2021 Kemaren Bupati Pesisir Selatan menunjuk dan mempercayakan Harefa sebagai DIrektur RSUD M. Zein Painan yang dijabatnya sampai sekarang, berkat tangan dinginnya RSUD M Zein saat ini sudah mulai merasakan kebangkiatan dibandingkan 2 tahun yang lalu sebelum harefa menjabat.
Pengalaman di organisasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI), antara lain, pernah menjabat sebagai Ketua IDI Cabang Pesisir Selatan periode masa jabatan tahun 2022-2005, dan saat ini Harefa masih eksis menjabat sebagai Sekretaris IDI Wilayah Sumatra Barat, Kepiawaiannya juga membuat harefa tercatat sebagai salah satu Pengurus Besar (PB) Ikatan Dokter Indonesia untuk periode kepengurusan PB IDI tahun 2022-2025.
Bawaannya yang santun dan santai membuatnya memiliki komunikasi yang baik dengan sebagian besar pengurus IDI Cabang di Seluruh Wilayah Sumatera Barat, ini dinilai sebuah kelebihan yang dimilikinya.

4. Dr. dr. Roni Eka Sahputra, SpOT (K) Spine

Dokter Roni merupakan salah satu Dokter Bedah tulang Senior Di Sumatera Barat, Di Usia yang relative masih muda beliau sudah tercatat sebagai salah seorang Doktor yang merupakan Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Bahkan saat ini dokter kelahiran tahun 1978 ini menjabat sebagai Ketua Program Studi Ortopedi dan Traumatologi RSUP M Jamil Padang.

Roni juga dikenal memiliki koneksi yang bagus baik dari internal dokter sampai pejabat Pemerintahan di Sumatera Barat saat ini.

Pengalaman organisasi yang pernah diembannya juga tak kalah mentereng dari ketiga calon lainnya, Roni Pernah tercatat sebagai Ketua Bidang Tanggap Bencana IDI Wilayah Sumatera Barat, Ketua Team Pemeriksaan Kesehatan Pilkada 2019, dan sampai saat ini masih tercatat sebagai Wakil Ketua IDI Wilayah Sumatera Barat, dari Pengalaman organisasi dan Pekerjaan yang pernah diembannya Roni dinilai sangat layak menjadi salah satu Kandidat Ketua IDI Wilayah Sumbar.

Demikian Profile ke empat calon Ketua IDI Wilayah Sumbar, sepertinya pemilihan Ketua IDI Wilayah Sumbar yang akan datang akan lebih menarik, hangat dan berkualitas, sehubungan dengan calon Ketua IDI yang muncul merupakan sosok sosok yang berkualitas dan layak jual untuk memimpin IDI Sumbar Kedepan, mari kita nantikan!!!

***