Bupati Pessel Lepas Gerak Jalan Santai PGRI di Tarusan

More articles

spot_img

Pesisir Selatan, Investigasi.news – Bupati Rusma Yul Anwar melepas Gerak Jalan Santai Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Kecamatan Koto XI Tarusan, Sabtu (5/11).

Kegiatan Gerak Jalan Santai ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangka memperingati HUT PGRI ke-77 dan HGN Tahun 2022.

“Mari kita jadikan peringatan HUT PGRI Tahun 2022 sebagai momentum untuk meningkatan profesional guru dan menyukseskan program Merdeka Belajar di Kabupaten Pesisir Selatan,” harapnya.

Bupati Rusma Yul Anwar lebih lanjut mengatakan, Gerak Jalan Santai juga merupakan salah satu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang dilakukan mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga nagari.

“Gerakan masyarakat untuk hidup sehat ini hendaknya dilakukan dengan sinergi seluruh perangkat daerah, pemerintah kecamatan dan stakeholder lainnya,” kata bupati.

Oleh karena itu menurut bupati, sosialisasi Germas amat penting untuk memotivasi masyarakat dalam upaya menerapkan pola hidup sehat, sehingga berbagai penyakit dapat diantisipasi.

Lebih lanjut disebutkan, perubahan gaya hidup sebagian masyarakat selama ini yang serba instan, dan kurang mengeluarkan tenaga telah menimbulkan berbagai resiko penyakit tidak menular. Pola hidup yang serba instan itu akibat perkembangan teknologi yang semakin pesat dewasa ini.

“Meskipun demikian jangan kita terlena dengan penggunaan teknologi itu, tetapi tetap berolahraga secara rutin dengan terus menjaga pola makan. Oleh karena itu, Germas harus dioptimalkan, terutama dikalangan masyarakat,” ucapnya.

Dikatakan, pembangunan kesehatan merupakan salah satu prioritas pembangunan yang dilaksanakan Pemkab Pesisir Selatan. Pembangunan bidang kesehatan itu meliputi sarana dan prasarana, kualitas tenaga kesehatan, pemberdayaan masyarakat, penyuluhan kesehatan dan lainnya.

“Kesehatan itu sangat penting dan menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Makanya budaya hidup sehat harus diterapkan masyarakat, tentu perlu penyuluhan kesehatan secara maksimal oleh tenaga medis yang ada,” ujarnya.

Dalam acara ini Bupati Rusma Yul Anwar didampingi Kadis Parpora, Suhendri yang juga merupakan Ketua PGRI Kabupaten Pesisir Selatan, Kadis Dikbud, Salim Muhaimin, Ketua PGRI Provinsi Sumatera Barat, Darmalis dan pengurus PGRI kabupaten. Mc/Sc

spot_img

Latest

spot_img