Bupati Pessel Serahkan Bantuan Perikanan Kepada Nelayan

Pesisir Selatan, Investigasi.news-Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar menyerahkan sejumlah bantuan bidang perikanan kepada nelayan di daerah ini di halaman Kantor Dinas Perikanan dan Pangan setempat, Rabu (3/8).

Penyerahan bantuan bidang perikanan yang bersumber dari APBN, APBD Provinsi Sumatera Barat dan APBD Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2022 itu disaksikan Anggota DPRD Kabupaten Pesisir Selatan, Aprinal Tanjung dan Jamalus, Kepala Dinas Perikanan dan Pangan, Firdaus dan undangan lainnya.

Adapun bantuan yang diserahkan antara lain, sarana dan prasarana produk turunan olahan mangrove, alat tangkap, sertifikat hak atas tanah nelayan, mesin tempel, jaring, mesin pembuat pakan ikan, sarana budidaya lele, benih ikan, alat pengolah bakso ikan, perahu jukung, pakan ikan kerapu dan lainnya.

Bupati Rusma Yul Anwar dalam sambutanya mengatakan, dengan adanya bantuan ini diharapkan nanti tidak ada lagi nelayan berdayung pergi melaut. “Kita melihat, semakin hari daerah penangkapan ikan semakin jauh ke tengah laut, sehingga diperlukan armada yang memadai dalam proses penangkapan ikan agar hasil tangkapan lebih maksimal,” katanya.

Dikatakan, Pemkab Pesisir Selatan terus mengupayakan berbagai program untuk peningkatan ekonomi nelayan ke depannya. “Saya berharap kepada nelayan penerima untuk dapat memanfaatkan bantuan ini dengan baik. Bantuan itu tidak boleh dipindah tangankan apalagi diperjual belikan. Apabila bantuan ini tidak terpakai, koperasi atau KUB dapat bersedia menyerahkan kembali bantuan yang diterima kepada Dinas Perikanan dan Pangan setempat,” katanya.

Bupati melanjutkan, dengan adanya bantuan ini dapat meningkatkan pendapatan dan perekonomian nelayan, sehingga tujuan utama pembangunan Kabupaten Pesisir Selatan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat dapat terwujud.

“Saya juga berharap kepada Dinas Perikanan dan Pangan melakukan pembinaan lebih maksimal lagi dalam upaya peningkatan perekonomian nelayan di daerah ini. Pembinaan itu harus dilakukan secara berkelanjutan,” pinta Bupati Rusma Yul Anwar. Mc