Dengar Aspirasi Masyarakat, Bupati Pesisir Selatan ke Langgai

Pesisir Selatan, Investigasi.news-Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar melakukan kunjungan kerja ke Nagari Gantiang Mudiak Utara Surantih, Kecamatan Sutera, Jumat (10/6)

Pada kesempatan itu bupati dan rombongan melaksanakan salat Jumat, sekaligus melakukan pertemuan dengan masyarakat di Masjid Dahrul Ihsan Kampung Langgai, Nagari Gantiang Mudiak Utara.

Dalam kunjungan kerja itu ada beberapa permintaan yang disampaikan pemerintahan nagari maupun tokoh masyarakat kepada Bupati Rusma Yul Anwar.

Antara lain, masyarakat Kampung Langgai, Nagari Gantiang Mudiak Utara Surantih berharap kepada Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan untuk bisa memperhatikan Infrastruktur, terutama sekali kondisi jalan yang sangat memperhatikan dan tingginya tanjakan yang mengakibatkan jatuhnya korban.

Masyarakat sangat berharap sekali kondisi jalan Langgai sama dengan kondisi jalan Ampalu, Nagari Gantiang Mudiak Selatan Surantih.

Masyarakat juga berharap adanya jaringan Telekomunikasi mengingat tingginya desakan dan sistim belajar Online dari pihak sekolah yang harus dipenuhi oleh anak-anak Kampung Langgai.

Masyarakat siap menghibahkan sebagian lahannya untuk tempat berdirinya Tower Telekomunikasi tersebut. Dalam hal ini, Pemerintah Nagari Gantiang Mudiak Utara Surantih sudah menyurati pihak Telkomsel dan Dinas Kominfo.

Masyarakat berharap kepada bupati memperhatikan kondisi Irigasi persawahan, mengingat ada beberapa jaringan Irigasi di Kampung Langgai tidak optimal mengalir ke areal persawahan, sehingga banyak dari lahan persawahan masyarakat tidak tergarap dengan sempurna.

Harapan masyarakat itu langsung dijawab oleh bupati. Dikatakan bupati, mengenai kondisi Infrastruktur jalan di Kampung Langgai pemerintah daerah tidak bisa berbuat banyak, mengingat ruas jalan dari simpang Pasar Surantih sampai ke Kampung Langgai adalah kewenangan dari Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat.

Akan tetapi, Pemerintahan Pesisir Selatan akan berupaya memperbaiki kondisi ruas jalan Kampung Langgai tersebut. Mengenai permasalahan jaringan Telekomunikasi di Kampung Langgai sedang berupaya, mengingat untuk Tower jaringan Telekomunikasi tersebut kuota sudah mencukupi untuk Pesisir Selatan.

Meski demikian, pihaknya akan kembali menjajaki Telkomsel di Jakarta bermohon kepada Dirut Telkomsel untuk bisa secepatnya mendirikan jaringan Telkomsel di Kampung Langgai.

Untuk permasalahan Irigasi di Kampung Langgai bupati akan secepatnya menyikapi dengan memerintahkan Dinas PUPR untuk menindaklanjuti

Akan tetapi sebelum ditindaklanjuti diharapkan kepada Pemerintahan Kampung Langgai Ken. Gantiang Mudiak Utara Surantih membuat Proposal yang nantinya akan disposisi. Sc/mc