Diharapkan Berperan Dalam Pembangunan Daerah, Bupati Rusma Yul Anwar Hadiri Reuni Akbar Alumni SMAN 2 Painan

Pesisir Selatan, Investigasi.news-Alumni SMAN 2 Painan diharapkan berperan dalam pembangunan daerah. Sebab, cukup banyak alumni SMAN 2 Painan tersebut yang sukses pada berbagai bidang. Harapan itu disampaikan Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar ketika menghadiri Reuni Akbar Alumni SMAN 2 Painan, Rabu (5/5).

Pada Reuni Akbar yang digelar di SMAN 2 Painan itu Bupati Rusma Yul Anwar juga berpesan agar para alumni SMAN 2 Painan mempererat tali silaturrahmi serta bersinergi dengan pemerintah daerah.

“Kami sangat membutuhkan dukungan dari berbagai kalangan termasuk para alumni SMAN 2 Painan dalam pelaksanaan pembangunan daerah di berbagai bidang. Hal itu dilakukan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Pesisir Selatan,” katanya.

Pada kesempatan itu bupati juga mengapresiasi para alumni SMAN 2 Painan yang sukses menyelenggarakan Reuni Akbar lintas angkatan mulai dari tahun 1992 sampai 2021. “Semoga alumni SMAN 2 Painan tetap kompak dan ikut berperan dalam pembangunan daerah,” harap bupati lagi.

Ketua Panitia Pelaksana, M. Adli mengatakan, reuni akbar dan pembentukan IKA lintas angkatan merupakan upaya mempererat silaturahmi segenap alumni mulai dari tamatan 1992-2021 dan para guru, baik yang masih aktif maupun yang sudah pensiun. “Ya, hingga kini sudah 30 generasi. Ini adalah potensi dan aset besar yang sangat berharga bagi sesama alumni dan sekolah,” ungkapnya.

Menurutnya, gelaran reuni akbar dan pembentukan IKA lintas angkatan berawal dari perbincangan dan dialog sesama alumni dari berbagai angkatan yang mencoba menginisiasi dan menyemangati pelaksanannya.

Rencana itu ternyata mendapat respon positif dari pihak sekolah yang memang menginginkan terbentuknya ikatan alumni dari seluruh angkatan sebagai bagian tak terpisahkan untuk perkembangan sekolah.

Gayung pun bersambut, ditandai dengan terbitnya Surat Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Painan Nomor 276/108.420.09/SMA.02/KP-2022/tanggal 7 Maret perihal kesiapan sekolah memfasilitasi pelaksanaannya.

M. Adli melanjutkan, selain silaturahmi, pembentukan IKA lintas angkatan juga membangkitkan tanggungjawab moralnya pada sekolah, lingkungan sekitar serta generasi penerus, khususnya yang kurang mampu.

Sadar atau tidak apa yang telah dicapai saat ini tak bisa dilepaskan dari peranan sekolah, sebuah institusi pendidikan yang pernah memberikan bekal pada segenap alumni untuk menapaki masa depan yang lebih baik. “Ini sangat penting dan tentu tidak bisa kita lupakan begitu saja,” tuturnya. Sc/Mc