Kunjungi Pessel, Tim Visitasi Badan Publik Tk Prop. Sumbar Disambut Bupati Rusma Yul Anwar

Pessel, Investigasi.news – Dalam rangka visitasi PPID Utama dan 8 PPID/Badan Publik yang lolos Visitasi. Tim Visitasi dan Monev dipimpin langsung oleh Noval Wiska, SIP, selaku Ketua Komisi Informasi (KI) Sumbar didampingi Wakil Ketua Arif Yumardi, ST, Tiwi Utami,SH, Sekretariat/Asisten Ahli KI Sumbar melakukan kunjungan ke Pemkab Pessel.

Arif Yumardi sebagai Ketua Tim Visitasi menyampaikan ucapan terimakasih atas komitmen Bupati dan Badan Publik yang telah konsisten mengimplementasikan KIP di Pesisir Selatan.

Tahun 2022 ini 9 Badan Publik Pesisir Selatan lolos visitasi, terbanyak di Sumbar, yaitu :
– PPID Utama
– 4 PPID Nagari, Nagari Taratak Sungai Lundang, Nagari Bungo Pasang Salido, Nagari Kubu Tapan dan Nagari Durian Seribu Silaut
– KPU,
– Bawaslu dan
– 2 Sekolah; yakni MAN 1 Pessel dan SMA 1 Bayang.

Bupati Pesisir Selatan, Drs. Rusma Yul Anwar, M.Pd, menyambut Tim Visitasi dan Monev Badan Publik Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Tahun 2022, di Rumah Dinas Bupati. Kamis (10/11). Turut hadir mendampingi Bupati, Kepala Dinas Kominfo Pesisir Selatan, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) dan Pengelola PPID Utama, Silvi Permata Sari, S.Kom.

Selanjutnya Noval Wiska Ketua KI Sumbar, menambahkan Nagari Bungo Pasang Salido peringkat I Anugerah KIP Nagari Tingkat Sumbar tahun 2021 dengan predikat Informatif dan tahun ini kembali lolos visitasi, terpilih mewakili Provinsi Sumbar pada Evaluasi dan Apresiasi Desa dalam Implementasi KIP Tingkat Nasional 2022, “Sebelumnya kami telah menyampaikan kepada Kepala Dinas Kominfo selaku PPID utama dan Dinas DPMD Kabupaten Pesisir Selatan melalui surat No.95/KI-PSB/X/2022, tertanggal 17 Oktober 2022. agar dilakukan pendampingan, Insha Allah akan di visitasi oleh KI Pusat”, ujarnya.

Bupati Pesisir Selatan mengucapkan terimakasih kepada Ketua, Wakil Ketua dan Komisioner KI Sumbar atas pembinaan, visitasi, monitoring dan evaluasi yang dilakukan termasuk kerjasama dalam Pemeringkatan Badan Publik Lingkup Kabupaten Pesisir Selatan.

“Kami bersama OPD /Badan Publik tetap komitmen dan berupaya konsisten mengimplementasikan UU Nomor 14 Tahun 2018 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Terkait prestasi yang diraih 4 kali berturut-turut, kami melanjutkan komitmen Bupati sebelumnya, yang paling penting adalah bagaimana KIP ini berdampak kepada pelayanan masyarakat. Jika ada kabupaten/kota yang terpicu atas prestasi kami, ini merupakan suatu kebanggaan dan syukur kami, karena ini akan lebih mempercepat masifnya KIP di Sumbar,” imbuhnya.

PPID Utama Kabupaten, Junaidi juga mengucapkan terima kasih kepada KI Sumbar atas pembinaan dan terpilihnya Nagari Bungo Pasang ikut KIP tingkat Nasional , smoga KIP makin menjadi kebutuhan, budaya dan dirasakan oleh masyarakat, Alhamdulillah kita dianugerahi PPID Terbaik empat tahun berturut-turut, Insyaallah tahun ini bisa kita pertahankan, “kami ucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati, Wakil Bupati dan Sekda serta Pimpinan Badan Publik OPD, Kecamatan dan Nagari serta rekan-rekan Kominfo yang sangat mendukung implementasi KIP di Pesisir Selatan”, tuturnya.

Sementara itu Mustika Wati, Kabid IKP Diskominfo yang turut hadir bersama Silvia Permata Sari, S.Kom, Pengelola PPID Utama , mengungkapkan Inovasi yang dilakukan di PPID Utama adalah Pengembangan Pengajuan Permohonan Informasi Publik secara Online, Buku Tamu Digital dengan sistem QR CODE, TANPA BATAS (TRANSPARANSI PELAYANAN INFORMASI DISABILITAS), Optimalisasi Penggunaan Media Sosial sebagai Media Komunikasi dan Informasi, Optimalisasi Penyebaran Informasi yang mudah diakses masyarakat Program Talkshow “GAUANG PASISIE” pada YOUTUBE PPID dan Transparansi Anggaran.

Kemudian, meningkatkan partisipasi masyarakat dengan memaksimalkan Sosialisasi PPID dan mengedukasi masyarakat/pelajar akan pentingnya Hak Untuk Tahu melalui informasi dan pemberitaan Radio LPP Langkisau dan kunjungan goes to school /campus. Pengembangan Aplikasi Open data yakni menyajikan data-data dari seluruh Satuan dan Unit Kerja di Pemerintah Kab. Pessel (http://opendata.pesisirselatankab.go.id), Aplikasi Berbasis Android “Pesisir Selatan Dalam Genggaman”. Mc