Pasca Covid-19, Wabub Pesisir Selatan Ajak Pemerintah Nagari Upayakan Pemulihan Ekonomi

Pesisir Selatan, Investigasi.news-Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah meminta pemerintah nagari fokus melakukan upaya pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi Covid 19 yang sejauh ini menunjukan penurunan. Selanjutnya, pemerintah nagari harus memaksimalkan program pemberdayaan masyarakat dalam rangka mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan.

Pemerintah nagari juga harus mampu menciptakan lapangan kerja dengan memanfaatkan lahan-lahan tidur dan tanah nagari untuk usaha pertanian ataupun bagi peluang ekonomi lainnya.

“Maju mundurnya pemerintah nagari sangat tergantung dari kemampuan Wali Nagari dalam mengoptimalkan semua potensi yang dimiliki nagari dan menggerakkan SDM yang ada,” kata Wabup Rudi Hariyansyah, Jumat (3/6) di Painan.

Lebih lanjut, Rudi mengatakan, pemerintah nagari harus menjadi garda terdepan dalam pelayanan publik, pemberdayaan dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

Ia berharap agar dilakukan upaya penguatan kompetensi melalui revitalisasi peran yang melibatkan seluruh unsur, khususnya dalam mengelola seluruh potensi dan sumber daya manusia yang ada.

Selanjutnya, ia juga mengingatkan kepada Wali Nagari agar mampu menjadi motor penggerak percepatan pembangunan dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Wali Nagari harus mampu mengetahui dan memahami potensi SDM maupun SDA yang dimiliki nagari dan mensosialisasikan program-program yang akan dilaksanakan oleh pemerintah. Selanjutnya, mendorong peningkatan derajat kesehatan masyarakat dengan menciptakan pola hidup bersih dan sehat,” pintanya.

Mc/Ns